sunbanner

Warga Banten Pasti Syok! Wacana Provinsi Baru Tangerang Raya Ajak 3 Kabupaten Ini Bergabung, Cek Wilayah Anda Termasuk Gak Nih

Warga Banten Pasti Syok! Wacana Provinsi Baru Tangerang Raya Ajak 3 Kabupaten Ini Bergabung, Cek Wilayah Anda Termasuk Gak Nih

Masjid Agung Banten Lama -kemdikbud.go.id-

Wacana provinsi Tangerang Raya 

Saat ini, hanya ada tiga daerah yang siap untuk bergabung, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kabupaten Tangerang sendiri tengah mempersiapkan pemekaran wilayah untuk membentuk dua entitas pemerintah baru: Kota Tangerang Tengah atau Tangteng, dan Kabupaten Tangerang Utara.



Dengan pembentukan ini, persyaratan minimal dari lima daerah untuk membentuk sebuah provinsi akan terpenuhi.

Kota Tangerang Tengah akan terdiri dari enam kecamatan, yakni Kelapa Dua, Curug, Panongan, Cisauk, Legok, dan Pagedangan.

Baca juga: Bukan Pontianak! Daerah Ini Jadi Calon Ibukota Kalimantan Barat Usai Wacana Pemekaran dan Pembagian Wilayah.





×

Baca juga: Jawabannya Bikin Kaget! Kabupaten Mana yang Bakal Jadi Ibukota Baru Kalimantan Barat? Pontianak Bukan?

Kecamatan Pagedangan telah ditunjuk sebagai ibukota baru, sesuai arahan dari Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar.

Bahkan, lahan yang saat ini digunakan sebagai Sirkuit Offroad BSD City akan diubah menjadi pusat pemerintahan Kota Tangerang Tengah.

Pembentukan Provinsi Tangerang Raya diharapkan akan memberikan Provinsi Banten lebih efisiensi dalam mengelola sumber daya dan pelayanan publik.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr