sunbanner

Warga Banten Pasti Syok! Wacana Provinsi Baru Tangerang Raya Ajak 3 Kabupaten Ini Bergabung, Cek Wilayah Anda Termasuk Gak Nih

Warga Banten Pasti Syok! Wacana Provinsi Baru Tangerang Raya Ajak 3 Kabupaten Ini Bergabung, Cek Wilayah Anda Termasuk Gak Nih

Masjid Agung Banten Lama -kemdikbud.go.id-

Inisiatif ini akan menjadi tonggak sejarah baru dalam pembangunan dan perluasan wilayah di Indonesia, sekaligus menjadi indikator bagi provinsi lain, termasuk Provinsi Jawa Barat, yang juga berencana untuk melakukan pemekaran.

Bahkan Provinsi Jawa Barat telah mempersiapkan sebanyak 17 kabupaten/kota sebagai daerah otonomi baru.



Salah satu kabupaten yang termasuk dalam rencana pemekaran adalah Kabupaten Cianjur. Kabupaten ini berencana memekarkan diri menjadi Kabupaten Cianjur Selatan dan Kota Cipanas.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 3,16 ribu kilometer persegi dan diperkirakan memiliki populasi lebih dari 3 juta jiwa.

Baca juga: Jawabannya Bikin Kaget! Kabupaten Mana yang Bakal Jadi Ibukota Baru Kalimantan Barat? Pontianak Bukan?





×

Baca juga: Kota dan Kabupaten ini yang Bakal Jadi Ibu Kota Banten Gantikan Serang, Ada Sejumlah Daerah yang Bakal Diusir dan Dimasukkan Daerah Otonom Baru?

Meskipun pemekaran wilayah di Indonesia masih merupakan isu yang kontroversial, inisiatif ini tentunya membawa banyak keuntungan, mulai dari efisiensi administrasi hingga pemerataan pembangunan dan peningkatan layanan publik.

Namun, keberhasilannya akan sangat bergantung pada pelaksanaan dan supervisi yang ketat dari semua pihak yang terlibat, termasuk pemerintah pusat.

Kabupaten Tangerang adalah rumah bagi berbagai etnis dan budaya, mulai dari Suku Betawi, Sunda, hingga Tionghoa. Semua etnis ini hidup berdampingan dan telah membentuk budaya yang kaya dan harmonis di wilayah tersebut.

Rencana pembentukan Provinsi Tangerang Raya menjadi salah satu langkah pemekaran yang menarik dari Provinsi Banten dan berpotensi menjadi calon daerah otonomi baru yang menarik.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr