sunbanner

Fakta Menarik Riau: Konon Kota yang Berasal dari Wilayah Kerajaan? Ternyata Ini Sejarahnya dan Lokasinya

Fakta Menarik Riau: Konon Kota yang Berasal dari Wilayah Kerajaan? Ternyata Ini Sejarahnya dan Lokasinya

daerah-sakina/pexels-

Sejarah Provinsi Riau menceritakan asal usul dan perkembangan wilayah ini. Nama "Riau" berasal dari kata Portugis "Rio," yang berarti sungai.

Pada awalnya, "Riau" merujuk pada wilayah yang diperintah oleh Dipertuan Muda atau Raja Bawahan Johor di Pulau Penyengat. Kemudian, wilayah ini menjadi bagian dari Residentie Riouw, yaitu pemerintahan Hindia-Belanda.



Provinsi Riau adalah hasil penggabungan berbagai kerajaan Melayu yang pernah berjaya di wilayah ini. Di antaranya adalah kerajaan Indragiri, Siak Sri Indrapura, Pelalawan, Riau-Lingga, dan banyak kerajaan kecil lainnya.

Secara geografis, geoekonomi, dan geopolitik, Riau memiliki posisi yang strategis baik pada masa sekarang maupun masa depan.

Terletak di antara lereng Bukit Barisan dan Selat Malaka, provinsi ini memiliki potensi besar dalam perdagangan dan pertumbuhan ekonomi.





×

Baca juga: Kenapa Riau Diberi Julukan Bumi Lancang Kuning? Simak Ternyata Ini Asal Usul Nama dan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui

Baca juga: Pembaruan Lagi! Potensi Kabupaten Cibaliung Melangkah Menuju Pembentukan Kabupaten Baru Sudah Bertekad hingga Resmi Berubah Total?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr