sunbanner

Rasa Penasaran Auto Pecah! Asal Usul Nama Gunungkidul yang Ternyata Berasal dari Sejarah Ini dari Wilayah Hutan Belantara

Rasa Penasaran Auto Pecah! Asal Usul Nama Gunungkidul yang Ternyata Berasal dari Sejarah Ini dari Wilayah Hutan Belantara

Gunungkidul -web portal kabupaten Gunungkidul-

Asal Usul Nama Gunungkidul Jawa Tengah 

Dalam proses penelusuran tersebut, ditemukan bahwa kabupaten Gunungkidul dibentuk pada hari Jumat Legi, tanggal 27 Mei 1831, atau dalam kalender Jawa, pada tahun Je 1758.

Namun, pada masa lampau, wilayah Gunungkidul adalah hutan belantara yang hanya dihuni oleh beberapa orang pelarian dari Kerajaan Majapahit.



Desa di wilayah itu awalnya bernama Pongangan dan dipimpin oleh seorang pemimpin bernama R. Dewa Katong, yang juga merupakan saudara dari Raja Brawijaya.

Kemudian, R. Dewa Katong pindah ke desa Katongan, yang berjarak sekitar 10 kilometer dari desa Pongangan. Seiring berjalannya waktu, penduduknya semakin bertambah.

Beberapa waktu setelah itu, sejarah mencatat bahwa R. Suromejo pindah ke Karangmojo, yang juga berada di wilayah Gunungkidul.





×

Pertumbuhan penduduk di Gunungkidul kemudian sampai ke telinga Raja Mataram, yaitu Sunan Amangkurat Amral, yang berkedudukan di Kartosuro.

Baca juga: Bakal Pindah! Kabupaten Cibaliung Usulkan Jadi Kabupaten Baru di Provinsi Banten, Lantas Rencana Ini Dimekarkan dari Wilayah Mana?

Baca juga: Apa Itu Fenomena Haji Gusuran? Fakta Menarik Tangerang Calon Provinsi Baru Pemekaran Banten yang Hebohkan Warga

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr