sunbanner

Rasa Penasaran Auto Pecah! Asal Usul Nama Gunungkidul yang Ternyata Berasal dari Sejarah Ini dari Wilayah Hutan Belantara

Rasa Penasaran Auto Pecah! Asal Usul Nama Gunungkidul yang Ternyata Berasal dari Sejarah Ini dari Wilayah Hutan Belantara

Gunungkidul -web portal kabupaten Gunungkidul-

Sunan Amangkurat Amral kemudian mengutus Ki Tumenggung Prawiropekso untuk memastikan kebenaran berita ini. Setelah berita tersebut dikonfirmasi, Ki Tumenggung Prawiropekso menasehati R. Suromejo agar meminta izin kepada Raja Mataram, mengingat wilayah ini masih berada di bawah kekuasaannya.

Namun, R. Suromejo menolak, dan konflik bersenjata pun meletus, yang sayangnya berakhir dengan kematian R. Suromejo beserta dua anak dan menantunya. Ki Pontjodirjo, yang merupakan anak R. Suromejo, akhirnya menyerahkan diri.



Baca juga: Apa Itu Fenomena Haji Gusuran? Fakta Menarik Tangerang Calon Provinsi Baru Pemekaran Banten yang Hebohkan Warga

Pangeran Sambernyowo kemudian mengangkatnya menjadi Bupati Gunungkidul I. Namun, masa jabatan Bupati Tumenggung Pontjodirjo tidak berlangsung lama karena pada tanggal 13 Mei 1831, ditetapkan batas wilayah Gunungkidul antara Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Mangkunegara II.

Nama "Gunungkidul" sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti "Gunung Selatan." Wilayah Gunungkidul yang terletak di jajaran pegunungan Sewu memberikan lanskap yang indah dan mempesona.





×

Dengan sejarahnya yang unik dan kekayaan alam yang menawan, Gunungkidul menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik bagi para pelancong.

Baca juga: Stop Produksi Yamaha NMAX, Pabrikan Berlogo Garpu Tala Ternyata Fokus Produksi Motor Ini

Keelokan alamnya yang memukau dan pesona sejarahnya yang dalam menjadikan Gunungkidul sebagai tujuan yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Dari alamnya yang eksotis hingga warisan budayanya yang kaya, Gunungkidul memiliki banyak cerita menarik yang menanti untuk dijelajahi.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr