sunbanner

Sudah Terbiasa Makan Bukan Nasi! Inilah Kampung Kuncen Ponorogo Ganti Makan Ini sebagai Makanan Pokok

Sudah Terbiasa Makan Bukan Nasi! Inilah Kampung Kuncen Ponorogo Ganti Makan Ini sebagai Makanan Pokok

daerah-andriaan/pexels-

Sudah Terbiasa Makan Bukan Nasi! Inilah Kampung Kuncen Ponorogo Ganti Makan Ini sebagai Makanan Pokok.

Di sebagian besar wilayah Jawa Timur, makanan sehari-hari yang menjadi menu utama adalah nasi. Namun, ada sebuah kisah menarik di balik kehidupan masyarakat kampung terpencil yang terletak di ketinggian pegunungan Ponorogo.



Berbeda dengan kebiasaan umum di daerah ini, penduduk setempat telah menjadikan nasi bukan sebagai makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca juga: Mall Tertua di Kalimantan Selatan Kini Malang Nasibnya! 33 Tahun Beroperasi Bakal Dibumi Hanguskan dan Diganti dengan Biaya Rp4 Miliar

Baca juga: Bakal Pindah! Kabupaten Cibaliung Usulkan Jadi Kabupaten Baru di Provinsi Banten, Lantas Rencana Ini Dimekarkan dari Wilayah Mana?





×

Baca juga: Bersiap! Rencana Pemekaran Wilayah Jawa Barat, Jonggol Ditargetkan Sebagai Ibukota Baru, Lantas Bagaimana Kabupaten Lain Terlibat?

Lokasi geografis kampung Kuncen, yang terletak di daerah pegunungan yang gersang, menghadirkan tantangan tersendiri dalam hal pertanian.

Daerah ini hanya mengandalkan air hujan sebagai sumber irigasi tanahnya, sehingga pertanian padi menjadi hal yang tidak memungkinkan.

Sebagai gantinya, tanaman seperti jagung dan singkong menjadi pilihan utama bagi para petani setempat.

Kekeringan yang panjang juga telah memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat yang mendiami lereng pegunungan Ponorogo ini.

Mereka tinggal di sebuah kampung terpencil yang dikenal dengan sebutan kampung Kuncen. Administratif, kampung Kuncen terletak di wilayah desa Karangan, kecamatan Badegan, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Hanya terdapat 8 kepala keluarga di kampung Kuncen, namun keunikan mereka terletak pada makanan pokok yang mereka konsumsi sehari-hari, yaitu nasi tiwul.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr