sunbanner

Fakta Menarik Bantul yang Jarang Diketahui! Daerah di Indonesia yang Memiliki Tanggal Simbolik Wilayah Loh

Fakta Menarik Bantul yang Jarang Diketahui! Daerah di Indonesia yang Memiliki Tanggal Simbolik Wilayah Loh

daerah-muhammad-guntur/unplash-

Di dalam sejarah Bantul, kita akan menemukan banyak hubungan erat dengan Yogyakarta, sebuah kota yang tak lepas dari perjuangan besar dan peranan penting dalam sejarah Indonesia.

Bantul juga memiliki banyak cerita kepahlawanan yang perlu diabadikan dan dipelajari.



Salah satu tokoh penting dalam sejarah Bantul adalah Pangeran Diponegoro, seorang pahlawan nasional yang berjuang dengan gigih melawan penjajahan Belanda. Perjuangannya berbasis di Selarong dan berlangsung dari tahun 1825 hingga 1830.

Setelah berakhirnya perjuangan Diponegoro, pemerintah Hindia Belanda membentuk Komisi Khusus yang bertugas mengatur daerah Vortelanden, yang mencakup pemerintahan daerah Mataram, Pajang, Sokawati, dan Gunung Kidul.

Pada tanggal 26 dan 31 Maret 1831, pemerintah Hindia Belanda dan Sultan Yogyakarta menandatangani perjanjian kerjasama yang mengatur pembagian wilayah administratif baru di Kesultanan Yogyakarta. Kontrak ini juga mencakup penetapan jabatan kepala wilayah.





×

Baca juga: Rasa Penasaran Auto Pecah! Asal Usul Nama Gunungkidul yang Ternyata Berasal dari Sejarah Ini dari Wilayah Hutan Belantara

Baca juga: Bersiap! Rencana Pemekaran Wilayah Jawa Barat, Jonggol Ditargetkan Sebagai Ibukota Baru, Lantas Bagaimana Kabupaten Lain Terlibat?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr