sunbanner

Singkatan Nama Daerah di Jawa Timur Ini Pasti Banyak yang Baru Tahu! Madiun Kepanjangannya Apa? Begini Penjelasannya

Singkatan Nama Daerah di Jawa Timur Ini Pasti Banyak yang Baru Tahu! Madiun Kepanjangannya Apa? Begini Penjelasannya

Balai Kota SURABAYA -pemkot Surabaya-

Daerah di Jawa Timur yang Berasal dari Singkatan

1. Surabaya 

Surabaya sebagai ibu kota Surabaya ini berasal dari cerita rakyat yang berarti Suha (hiu) dengan Baya (buaya). Sudah tidak asing lagi dengan dengan cerita tersebut. Ceritanya kedua hewan ini bertengkar pada sebuah perjanjian pembagian wilayah. 



Sura hanya boleh mencari mangsa di daerah laut sedangkan Baya boleh di darat dan sungai. Namun sayangnya Sura melanggar janji dan pada akhirnya perkelahian terjadi. 

Baca juga: Indahnya Pemandangan! Kampung di Kabupaten Magetan Mengelola Kekayaan Alam dengan Sangat Baik, Hadir Destinasi Wisata Menarik?

2. Madiun 





×

Madiun yang masuk dalam wilayah Jawa Timur ini ternyata nama daerah dengan sebuah singkatan. Nama Madiun berasal dari singkatan 'mbedi' dan 'ayun' yang berarti sendang dan ayun yang berarti perang. 

Kata mbedi dan ayun jika disatukan menjadi Mbediayun atau Madiun. Fokllore yang menyebutkan bahwa dulunya terdapat perang antara persekutuan Daerah dibawah kabupaten Purabaya dan Penembahan Senopati Ingalaga. 

Baca juga: Rasa Penasaran Auto Pecah! Asal Usul Nama Gunungkidul yang Ternyata Berasal dari Sejarah Ini dari Wilayah Hutan Belantara

3. Mojokerto 

Mojokerto ini ternyata ini bernama Japan. Namun kabupaten Japan ini kemudian diubah menjadi Mojokerto pada tahun 1838. Mojokerto yang lokasinya di Provinsi Jawa Timur ini memiliki singkatan Mojo dan Kerto. 

Mojo yang berarti pohon yang banyak tumbuh di salah satu desa di wilayah dan kerto yang artinya tentram. 

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr