sunbanner

176 KM dari Pekanbaru, Kota Ibu Bakal Jadi Ibu Kota Baru RIAU Imbas Pemekaran dan Penggabungan Wilayah DOB, Apakah Rumahmu Termasuk?

176 KM dari Pekanbaru, Kota Ibu Bakal Jadi Ibu Kota Baru RIAU Imbas Pemekaran dan Penggabungan Wilayah DOB, Apakah Rumahmu Termasuk?

Rencana Pembagian Wilayah di Riau: 690 Ribu Jiwa Bersiap Sambut 3 Kabupaten Baru, Apakah Ini Langkah Resmi?--

Ada lima kabupaten dan kota yang direncanakan akan bergabung membentuk provinsi baru tersebut, seperti Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Dumai.

Nama provinsi baru dari pemekaran ini adalah Provinsi Riau Pesisir, dengan Kota Dumai sebagai ibu kota dan pusat pemerintahannya.



Kota Dumai, yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis, memiliki luas wilayah sebesar 1.623,38 kilometer persegi.

Baca juga: Danau Toba Seluas 1,130 Km Bakal Disulap Jadi Smart City Mega Proyek Sumatera Utara, Benarkah? Begini Wacana Pembangunan Terbaru

Baca juga: FIX Jadi Wilayah Baru! Sumatera Utara Punya Provinsi Pertama yang Dimekarkan dan Berencana Usulkan Mekarkan 6 Kabupaten Lagi?





×

Baca juga: Pasangan Asal Inggris Berhasil Rombak Pulau Tersembunyi di NTT Ini Jadi Wisata Bahari Paling Populer di Indonesia

Selain itu, wilayah lain yang akan dimekarkan dari Riau termasuk Provinsi Riau Pesisir, Kabupaten Gunung Sailan Darussalam, Kota Duri, dan Kabupaten Rokan Darussalam.

Namun, perlu diingat bahwa isu pemekaran ini masih sebatas wacana dan belum melalui proses yang panjang. Untuk mewujudkannya, diperlukan persetujuan dari pemerintah pusat.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr