sunbanner

Tak Lepas dari Mitos Atau Fakta, Kampung Unik di Jawa Tengah Ini Hasil Bekas Kerajaan Mataram, Punya Pantangan Dilarang Berjualan Nasi Rames

Tak Lepas dari Mitos Atau Fakta, Kampung Unik di Jawa Tengah Ini Hasil Bekas Kerajaan Mataram, Punya Pantangan Dilarang Berjualan Nasi Rames

daerah-sasint/pixabay-

Tak Lepas dari Mitos Atau Fakta, Kampung Unik di Jawa Tengah Ini Hasil Bekas Kerajaan Mataram, Punya Pantangan Dilarang Berjualan Nasi Rames.

Sebelum kita membenamkan diri dalam kisah yang menggetarkan di Kampung Penimbun, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu rincian lengkap tentang tempat ini.



Terletak di Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, nama yang terpatri erat di sini adalah "Kampung Penimbun." Perjalanan dari Kabupaten Kebumen hanya memakan waktu sekitar 43 menit.

Baca juga: Apa Itu Baby Blues Syndrome? Viral Ibu Tenggelamkan Anak ke Ember di Jaksel, Diduga Akibat Gangguang Mental Pasca Melahirkan

Baca juga: Viral! Intip Profil Biodata Megawati Hangestri Pertiwi Pemain Voli Asal Indonesia Pemin MVP di Liga Korea





×

Baca juga: Potret Sederhana Vina Amalia Anak Mahfud MD, Cek Profil dan Fakta Menariknya di SINI, Berpenampian Sederhana dan Memiliki Ciri Khas

Kampung Penimbun, satu-satunya wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang menjaga erat tradisi turun-temurun mereka. Ritual dan kepercayaan kuno masih mengalir dalam darah masyarakatnya, dan semuanya menghormati akar nenek moyang mereka.

Misalnya, ada "ruwat bumi," sebuah ritual yang kerap mengiringi perjalanan hidup mereka. Tidak ketinggalan, ada juga ritual "gecko pitik crancam terong giling pitu" dan serangkaian upacara lain yang membentuk perjalanan spiritual mereka.

Semua ini diwarisi dari nenek moyang mereka yang memiliki hubungan kuat dengan kerajaan Mataram. Bahkan, dalam sejarah, ada cerita menarik yang masih menggema.

Konon, ketika Sultan Hadiwijaya berusaha membangun kerajaannya, dia harus mengatasi hutan yang terkenal angker. Keadaan ini memaksa Sultan Hadiwijaya memohon bantuan kepada seorang entitas gaib, Nyi Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul memberikan saran berharga kepada Sultan Hadiwijaya: membuat gecko pitik crancam terong giling pitu sebagai sarana untuk menolak bala.

Hingga saat ini, ritual tersebut diwarisi oleh penduduk Kampung Penimbun sebagai cara untuk menjaga diri mereka dari ancaman dan malapetaka.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr