sunbanner

Jawa Barat Beri Kode 3 Wilayah Ini Segera Lakukan Pemekaran Awal Tahun 2024? Simak Ini Keunggulan Sukabumi dan Garut Calon DOB

Jawa Barat Beri Kode 3 Wilayah Ini Segera Lakukan Pemekaran Awal Tahun 2024? Simak Ini Keunggulan Sukabumi dan Garut Calon DOB

daerah-sasint/pixabay-

Wacanana pemekaran 3 kabupaten di Jawa Barat 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah mengambil langkah maju dengan mengusulkan pemekaran wilayah di provinsi ini.

Gubernur Ridwan Kamil telah menyetujui pemekaran daerah Provinsi Jawa Barat, dan tak hanya itu, usulannya juga telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar.



Kedua belah pihak sepakat untuk mengusulkan pembentukan tiga Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB). Persetujuan ini diresmikan dalam rapat paripurna DPRD Jabar di Bandung pada 4 Desember 2020.

Ketiga daerah yang diusulkan oleh Gubernur dan DPRD Jabar telah memenuhi syarat administrasi di tingkat provinsi.

Baca juga: Kabar 5 Kabupaten Baru di Pulau Sumatera Ini Curi Perhatian Publilk! Daerah Pantai Timur Ini Bakal Jadi Wilayah Potensial?





×

Baca juga: Sidoarjo Surganya Wanita Cantik, Kampung yang Punya Tipe Rumah 36 Berisi 2 Kamar Tidur dan 1 Kamar Mandi di Pasuruan ini Dihuni 37 Janda dengan Peraturan Ketat!

Menurut Gubernur Ridwan Kamil, ada tiga daerah di Provinsi Jabar yang dinilai paling siap untuk dimekarkan. Ketiga daerah tersebut adalah:

1. Kabupaten Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi Utara, yang berpusat di Kecamatan Cibadak, terdiri dari 21 kecamatan.

2. Kabupaten Garut Selatan

Kabupaten Garut Selatan, yang pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Mekarmukti, memiliki 15 kecamatan.

Baca juga: 5 Kota di Pulau Jawa Ini Terkenal Hasil Pemekaran Sejak Tahun 1992? Cek Wilayah dan Provinsi Mana Saja

3. Kabupaten Bogor Barat

Kabupaten Bogor Barat, yang berpusat di Kecamatan Cigudeg, memiliki 14 kecamatan.

Namun, penting untuk diingat bahwa informasi ini masih dalam tahap usulan dan wacana. Pembentukan provinsi baru melibatkan berbagai proses dan persetujuan yang harus diikuti.

Kita akan terus memantau perkembangan ini untuk melihat apakah usulan pemekaran tiga daerah di Provinsi Jawa Barat akan benar-benar terwujud.

Semoga pemekaran ini dapat membawa manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan wilayah-wilayah yang terlibat.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr