sunbanner

Gak Nyangka! Wilayah Hasil Pemekaran Gorontalo Ini Banyak yang Jarang Diketahui, Sudah Ada Sejak Tahun 2007

Gak Nyangka! Wilayah Hasil Pemekaran Gorontalo Ini Banyak yang Jarang Diketahui, Sudah Ada Sejak Tahun 2007

daerah-ibtahim-asad/unplash-

Wacana pemekaran Gorontalo 

Namun, meskipun usianya belum sepadan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, Provinsi Gorontalo memiliki prestasi yang cukup mengagumkan. Provinsi ini berhasil memekarkan wilayahnya, sehingga menciptakan beberapa daerah otonom baru di dalamnya.

Pemekaran wilayah di Provinsi Gorontalo tidak terjadi secara serentak, melainkan dalam beberapa tahap yang memakan beberapa tahun. Inilah tiga daerah hasil pemekaran di Provinsi Gorontalo:



1. Kabupaten Boalemo (Tahun 1999)

Sebelum Provinsi Gorontalo menjadi provinsi sendiri, Gorontalo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara. Pada tahun 1999, Kabupaten Gorontalo memutuskan untuk memekarkan wilayahnya, yang kemudian melahirkan Kabupaten Boalemo. Pemekaran ini menjadi langkah awal menuju pembentukan provinsi tersendiri.

Baca juga: Bakal Pisah! Usulan Pemekaran Provinsi Baru di Jawa Barat yang Ikut Sertakan Wilayah Bogor hingga Berganti atau Berpindah Nama?





×

2. Kabupaten Bone Bolango (Tahun 2003)

Tahap berikutnya dalam pemekaran wilayah Provinsi Gorontalo terjadi pada tahun 2003, yang menghasilkan pembentukan Kabupaten Bone Bolango. Dengan semakin banyaknya daerah otonom yang muncul, Gorontalo semakin mengukuhkan eksistensinya sebagai provinsi yang mandiri.

3. Kabupaten Gorontalo Utara (Tahun 2007)

Pemekaran terakhir yang perlu dicatat adalah pada tahun 2007. Pada tahun ini, Kabupaten Gorontalo kembali memekarkan wilayahnya dan melahirkan Kabupaten Gorontalo Utara. Pemekaran ini merupakan penegasan lebih lanjut terhadap kemandirian Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Sidoarjo Surganya Wanita Cantik, Kampung yang Punya Tipe Rumah 36 Berisi 2 Kamar Tidur dan 1 Kamar Mandi di Pasuruan ini Dihuni 37 Janda dengan Peraturan Ketat!

Mengingat usianya yang relatif muda sebagai provinsi, pencapaian pemekaran wilayah di Provinsi Gorontalo patut diacungi jempol. Sejarah pemekaran ini mencerminkan semangat dan tekad untuk meningkatkan pemerataan pembangunan dan pelayanan publik bagi masyarakat.

Bagaimanapun, pemekaran wilayah selalu menjadi upaya untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan rakyatnya, serta memastikan bahwa kebutuhan dan aspirasi setiap wilayah terpenuhi.

Provinsi Gorontalo adalah contoh bagaimana perkembangan dan perubahan terus berlangsung di berbagai penjuru Indonesia.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr