sunbanner

Ngekos Hemat! 12 Kota dengan Hidup Murah di Indonesia, Pas Buat Kantong Mahasiswa!

Ngekos Hemat! 12 Kota dengan Hidup Murah di Indonesia, Pas Buat Kantong Mahasiswa!

Gara-gara Ngambek? Daerah Mana di Riau yang Kini Menghilang? Pemekaran Kabupaten Baru di Riau dengan Luas 13.408,72 Km2 Resmi Dibentuk!-Berbagai Sumber-

Pilihan Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Terjangkau

Menurut Lembaga Konsultan Pendidikan di Indonesia, berikut ini adalah beberapa kota di Indonesia yang menawarkan biaya hidup yang terjangkau bagi para mahasiswa.

1. Solo

Solo masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup terjangkau. Selain itu, lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Yogyakarta.



Biaya hidup di Solo hanya sekitar Rp 1,5 juta per bulan, yang mencakup kebutuhan sehari-hari dan biaya tempat tinggal.

Di sini, kamu dapat memilih dari beberapa kampus terkenal seperti Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Institut Seni Indonesia Surakarta.

2. Purwokerto

Purwokerto, yang dikenal sebagai kota pelajar di Jawa Tengah, juga menawarkan biaya hidup yang terjangkau.





×

Biaya sewa kost di sini dapat dimulai dari Rp 300 ribu per bulan, dan biaya makan berkisar antara Rp 8-12 ribu per porsi.

Kota ini juga memiliki salah satu universitas negeri favorit, yaitu Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

3. Semarang

Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang, adalah pilihan menarik bagi calon mahasiswa dengan biaya hidup yang ramah di kantong.

Biaya sewa kost di sini rata-rata hanya sekitar Rp 500 ribu per bulan, sementara biaya makan hanya sekitar Rp 12 ribu per porsi.
Biaya ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Jawa.

Beberapa pilihan kampus di Semarang meliputi Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Dian Nuswantoro, serta banyak lagi.

4. DIY Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Dengan biaya sekitar Rp 1 hingga 1,5 juta saja, mahasiswa dapat menjalani kehidupan di kota ini.

Biaya tempat tinggal, seperti kos-kosan atau indekos, juga terjangkau, berkisar antara Rp 300 hingga 700 ribu.

Yogyakarta memiliki banyak kampus terkenal, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

5. Cirebon

Cirebon, Jawa Barat, adalah kota dengan biaya hidup paling terendah. Biaya kost, makanan, dan hiburan di sini berkisar antara kurang dari Rp 1 hingga 2 juta saja.

Beberapa kampus favorit di Cirebon mencakup Universitas Gunung Jati (UGJ), Universitas Muhammadiyah Cirebon, Universitas 17 Agustus Cirebon, serta IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr