sunbanner

Bondowoso Turut Andil Dalam Perkembangan Tembakau di Jember Jawa Timur? Begini Kisah dan Awal Mulanya Sejak Pemerintahan Belanda

Bondowoso Turut Andil Dalam Perkembangan Tembakau di Jember Jawa Timur? Begini Kisah dan Awal Mulanya Sejak Pemerintahan Belanda

Tembakau-afif-ramdhasuma/unplash-

Jember juga masuk dalam wilayah Kota Karesidenan Besuki yang mencakup Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo.

Karena itu, tembakau yang dihasilkan di Jember menjadi dikenal sebagai tembakau Besuki Na-oogst. Jenis tembakau ini ditanam pada musim kemarau dan dipanen menjelang musim penghujan.



Keistimewaan tembakau ini terletak pada kelenturan dan aroma harum yang khas, sehingga memiliki nilai ekspor yang tinggi.

Tidak hanya menjadi produsen tembakau terbesar di Jawa Timur, Jember juga memiliki warisan budaya berupa motif batik khas yang menggambarkan tembakau.

Baca juga: Berikut Negara Satu-satunya yang Tidak Punya Tanah, Kamu Bisa Tebak Wilayah Mana? Clue: Punya Banyak Perahu





×

Baca juga: Lahan Bekas Pasar Seluas 2,5 Ha Ini Berhasil Disulap Jadi Sirkuit Internasional di Jawa Tengah, Bikin Gak Nyangka! Bisa Lakukan Uji Balapan Disini

Tembakau telah menjadi bagian integral dari sejarah dan identitas Jember.

Pada tahun 2021, Jember telah mengekspor tembakau ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Amerika, Honduras, Korea, Turki, Filipina, Republik Dominika, Jerman, Swedia, Belgia, China, Belanda, Spanyol, dan banyak lagi. Nama Jember telah lama dikenal di dunia berkat perkembangan industri tembakau yang mengesankan.

Prestasi ini juga mendorong pemisahan Jember dari Kabupaten Bondowoso, menunjukkan peran penting Jember dalam industri tembakau yang berkelanjutan.

Dengan demikian, Jember telah memberikan kontribusi besar dalam ekonomi nasional dan membanggakan sebagai produsen tembakau nomor 1 di Jawa Timur serta salah satu produsen tembakau terkemuka di Indonesia.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr