sunbanner

Hasil Pemekaran Dua Provinsi Jawa Timur, Rencana Beri Identitas Baru dan Diberi Nama Sesuai Sejarah Masing-Masing Wilayah?

Hasil Pemekaran Dua Provinsi Jawa Timur, Rencana Beri Identitas Baru dan Diberi Nama Sesuai Sejarah Masing-Masing Wilayah?

daerah-luca-barth/unplash-

Dengan penamaan ini, sejarah dan budaya daerah tersebut akan kembali hidup dalam bentuk provinsi baru yang mencerminkan akar-akar historisnya.

  1. Provinsi Blambangan: Jejak Kerajaan yang Terlupakan

Nama Provinsi Blambangan juga muncul dalam wacana pemekaran Jawa Timur. Provinsi ini akan berlokasi di ujung timur Pulau Jawa dan mencakup wilayah Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, dan Kota Probolinggo.



Blambangan adalah nama yang diambil dari sebuah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah tersebut. Ibukota Provinsi Blambangan diwacanakan berada di Kabupaten Jember.

Baca juga: Menggebrak! Kabupaten Garut Utara Meuncul Pembangunan Baru dan Usulan Pemekaran di Jawa Barat, Sudahkah Disetujui atau Masih Dalam Pertimbangan?

Baca juga: Belum Jadi Target! Calon Kabupaten Kota Baru di Provinsi Banten Ajak 5 Daerah Sebagai Usulan Pemekaran Wilayah, Apakah Mereka Setuju?





×

Meskipun demikian, hingga saat ini, tidak ada perkembangan lebih lanjut dalam pembahasan mengenai wacana ini.

Jika rencana pemekaran ini benar-benar terealisasi, Pulau Jawa akan semakin banyak provinsi di masa depan.

Hal ini akan membuka peluang baru untuk pembangunan, otonomi daerah, serta pelestarian warisan sejarah yang mungkin telah terlupakan.

Tetapi, kita harus menunggu dan melihat bagaimana perkembangan lebih lanjut dari wacana ini, apakah akan menjadi sebuah kenyataan atau hanya sekadar mimpi.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr