sunbanner

Ciri-Ciri Kendaraan Minta Ganti Oli, Terdeteksi dengan Mudah Hanya Mendengar Suara Mesin? Begini Ternyata

Ciri-Ciri Kendaraan Minta Ganti Oli, Terdeteksi dengan Mudah Hanya Mendengar Suara Mesin? Begini Ternyata

motor- DawidC/pixabay-

3. Cek Warna dan Konsistensi Oli

Untuk yang suka cek sendiri, Anda bisa menggunakan alat pengukur level oli atau stik pengukur yang biasanya terletak di bawah tangki oli.



Tarik stik pengukur, perhatikan warna dan konsistensi oli yang menempel di ujungnya. Oli yang masih berwarna kuning atau coklat muda serta encer menandakan bahwa oli masih dalam kondisi baik.

Namun, jika oli berubah menjadi berwarna hitam pekat dan kental, ini adalah tanda pasti bahwa oli perlu segera diganti.

Baca juga: Menggebrak! Kabupaten Garut Utara Meuncul Pembangunan Baru dan Usulan Pemekaran di Jawa Barat, Sudahkah Disetujui atau Masih Dalam Pertimbangan?





×

Baca juga: Belum Jadi Target! Calon Kabupaten Kota Baru di Provinsi Banten Ajak 5 Daerah Sebagai Usulan Pemekaran Wilayah, Apakah Mereka Setuju?

4. Dengarkan Suara dan Getaran Mesin

Jika Anda seorang pengemudi yang sangat peka terhadap kendaraan Anda, Anda mungkin akan mendengar suara kasar atau berisik yang berasal dari mesin atau merasakan getaran yang tidak biasa saat berkendara.

Ini bisa menjadi petunjuk bahwa oli sudah terlalu tua atau kotor dan perlu diganti. Jangan sepelekan perubahan-perubahan ini, karena mesin yang sehat akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr