sunbanner

Hutan Hujan Tropis Seluas 22,764 Ha Ini Disulap Jadi Bendungan Raksasa Terbesar di Sulawesi Tenggara! Fantastis, Telan Biaya Rp 80 Milliar

Hutan Hujan Tropis Seluas 22,764 Ha Ini Disulap Jadi Bendungan Raksasa Terbesar di Sulawesi Tenggara! Fantastis, Telan Biaya Rp 80 Milliar

bendungan-russmac/pixabay-

Kapasitas tampung bendungan ini sungguh mengesankan, mencapai 774,16 juta meter kubik, sebagaimana dilansir dari laman sda.pu.go.id.

Yang membuatnya lebih istimewa adalah bahwa bendungan ini dirancang sebagai bendungan multi fungsi.



Fungsi utamanya adalah untuk mengairi lahan irigasi seluas 22.764 hektar, yang akan mendukung sektor pertanian di wilayah tersebut.

Selain itu, bendungan ini juga akan berperan sebagai penyedia air baku sebesar 750 liter per detik, membantu dalam mereduksi risiko banjir hingga 44,56 persen, dan akan memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air dengan kapasitas 2 x 10 MW, memberikan kontribusi dalam penyediaan energi.

Bendungan yang diberi nama Bendungan Pelosika ini memerlukan investasi yang sangat besar, senilai Rp8 triliun.





×

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko, mengungkapkan nilai proyek ini.

Baca juga: Alvaro Bautista Pastikan Tampil di MotoGP Malaysia 2023 Tapi Ngak Mau Disamakan dengan Pedrosa

Baca juga: Alun-alun Bawah Tanah Pertama di Indonesia Ini Letaknya Bukan di Malang! Habiskan Dana Rp 80 Milliar, Kapan Terealisasi?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr