sunbanner

Gagal Bertahan di Jawa Timur! Provinsi Banyumas Bakal Bersiap Gabungkan Madiun Masuk Wilayah Jawa Tengah? Simak Isu Wacana Pemekaran Jateng

Gagal Bertahan di Jawa Timur! Provinsi Banyumas Bakal Bersiap Gabungkan Madiun Masuk Wilayah Jawa Tengah? Simak Isu Wacana Pemekaran Jateng

daerah-tom-fejer/unplash-

Salah satu wacana pemekaran Jawa Tengah adalah pembentukan provinsi baru yang akan dinamai Provinsi Banyumasan.

Isu ini telah muncul beberapa kali, termasuk dalam tahun-tahun terkini, seperti tahun 2022 dan 2023.



Di samping wacana tentang Provinsi Banyumasan, muncul pula isu mengenai penggabungan Madiun, yang berada di Jawa Timur, dengan Kota Solo, yang terletak di Jawa Tengah.

Wacana ini pertama kali muncul sekitar tahun 2011, ketika ada pembicaraan tentang penggabungan beberapa kabupaten di eks Keresidenan Madiun dan eks Keresidenan Surakarta dengan maksud agar wilayah tersebut bisa menjadi bagian dari Jawa Tengah.

Baca juga: Tren Mobil Listrik Terus Turun, VW Buat Langkah Mengejutkan





×

Namun, wacana ini mendapatkan tanggapan beragam.

Beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur menolaknya, dengan alasan bahwa penggabungan ini akan menambah beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta merupakan langkah yang rumit dan tidak mudah untuk diwujudkan.

Meskipun isu tentang penggabungan Madiun dengan Solo merupakan isu yang kontroversial, sejarah kedua wilayah ini menunjukkan bahwa mereka memiliki hubungan historis.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr