sunbanner

Provinsi Riau Ternyata Dulu Masuk Bagian dari Pemerintahan Belanda! Simak Ini Fakta Menarik yang Jarang Diketahui Warganya

Provinsi Riau Ternyata Dulu Masuk Bagian dari Pemerintahan Belanda! Simak Ini Fakta Menarik yang Jarang Diketahui Warganya

daerah-sam-bark/unplash-

Provinsi Riau dikenal dengan berbagai keindahan wisata bahari dan budaya yang memukau. Julukan "Bumi Lancang Kuning" menggambarkan kegemilangan dan kejayaan yang dimiliki oleh masyarakat provinsi ini.

Provinsi Riau memiliki kekayaan sumber daya alam yang tak ternilai. Namun, banyak yang mungkin belum mengetahui bahwa nama provinsi ini berasal dari wilayah Riau di masa lalu.

Asal Usul Nama Riau 



Wilayah ini pernah menjadi bagian dari Residentie Riouw, yaitu pemerintahan Hindia-Belanda.

Provinsi Riau adalah hasil penggabungan berbagai kerajaan Melayu yang pernah berjaya di wilayah ini, termasuk kerajaan Indragiri, Siak Sri Indrapura, Pelalawan, Riau-Lingga, dan banyak lagi kerajaan kecil lainnya.

Dari segi geografis, geoekonomi, dan geopolitik, Provinsi Riau memiliki posisi yang sangat strategis baik pada masa sekarang maupun masa depan.





×

Keanekaragaman sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas, emas, serta hasil hutan dan perkebunan, menjadi kekayaan alam yang dimilikinya.

Baca juga: Berdiri Sejak 1990 Mall Megah di Jawa Barat Ini Bakal Dikosongkan dan Disulap Jadi Bangunan Apa? Begini Wacana Walikota Bogor

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr