sunbanner

10 Kota Termaju di Indonesia yang Infrastruktur Wilayahnya Bisa Kalahkan Negara Tetangga, Daerah di IKN Ada yang Termasuk?

10 Kota Termaju di Indonesia yang Infrastruktur Wilayahnya Bisa Kalahkan Negara Tetangga, Daerah di IKN Ada yang Termasuk?

daerah-smartschwarz/pixabay-

10 Kota Termaju di Indonesia 

1. Jakarta

Jakarta, ibukota Indonesia, adalah kota termaju di negeri ini. Terdiri dari lima kota administrasi, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, serta Kepulauan Seribu. Jakarta juga adalah satu-satunya kota yang memiliki status setara dengan provinsi. Selain itu, Jakarta juga menjadi tuan rumah lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor-kantor kesekretariatan ASEAN.



2. Surabaya

Surabaya adalah kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Terkenal dengan julukan "Kota Pahlawan," Surabaya merupakan ibukota Provinsi Jawa Timur. Letaknya yang strategis di tengah-tengah Indonesia menjadikan Surabaya sebagai pusat perdagangan Asia.

3. Medan





×

Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara dan merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Jawa. Dengan sejarah yang kaya, banyak bangunan berarsitektur Belanda yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

4. Balikpapan

Balikpapan adalah kota terdepan di Kalimantan dan dikenal sebagai "Kota Minyak." Kekayaan alam kota ini, terutama dalam sektor pertambangan laut, telah mengangkat Balikpapan sebagai salah satu kota paling disukai di dunia.

Baca juga: Solo Raya Beri Harapan Besar Jika Terealisasi Buat Provinsi Baru! 7 Kabupaten Siap Bergabung dan Tinggalkan Semarang

Baca juga: Waduh! Wacana Madiun dan Solo Bakal Bergabung Jadi Satu Provinsi Makin Gencar? Simak Hasil Pemekaran Wilayah Jawa Tengah

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr