sunbanner

Berdiri Sejak Tahun 1964, Universitas Tertua di Jawa Timur Ini Awalnya Lahan Perkampungan Warga Seluas 92 Ha, Masa Sih?

Berdiri Sejak Tahun 1964, Universitas Tertua di Jawa Timur Ini Awalnya Lahan Perkampungan Warga Seluas 92 Ha, Masa Sih?

ILUSTRASI UniRank Umumkan 5 Universitas Top di Bali, ISI Denpasar di Posisi Ketiga. Siapa yang Berada di Puncak? Temukan Jawabannya!-andrien-olic/pexels-

Ketiga tokoh tersebut adalah dr. R. Achmad, R. Th. Soengedi, dan R. M. Soerachman. Nama Triumviraat dan tiga panitia tersebut kini diabadikan dalam bentuk patung di double way Kampus UNEJ.

UNITA adalah cikal bakal berdirinya Universitas Jember. Usaha panitia Triumviraat akhirnya membuahkan hasil berkat dukungan Bupati Jember saat itu, R. Soedjarwo, dan menjadi Universitas Negeri Djember (UNED).



Awalnya, kampus ini dikenal dengan nama UNED, tetapi kemudian disesuaikan dalam kaidah ejaan yang lebih baik. Akhirnya, kata "UNEJ" digunakan dan telah melekat di hati dan pikiran masyarakat.

Meskipun UNEJ memiliki luas mencapai 92 hektar, kampus ini tetap bersahabat dengan penduduk setempat.

Ini terjadi karena di dalam Kampus UNEJ terdapat sebuah perkampungan kecil yang warganya "menolak" untuk direlokasi.





×

Baca juga: Kota Bima Minggat dari Nusa Tenggara Barat Usai Wacana Pemekaran Wilayah Bakal Terjadi! Ibu Kotanya Kabupaten Mana?

Baca juga: Denpasar Berasal dari Kata Apa? Mengungkap Asal Usul Nama Daerah yang Terletak di Provinsi Bali Paling Legendaris, Beri Nama dari Buah?

++++

Universitas Jember awalnya Lahan Perkampungan 

Jawa Timur dikenal memiliki sejumlah perguruan tinggi yang beragam, baik universitas, institut, maupun sekolah tinggi negeri dan swasta.

Bahkan, banyak kampus di Jawa Timur yang memiliki sejarah panjang, beberapa di antaranya telah berdiri sejak tahun 1960-an.

Salah satu kampus tertua di provinsi ini terletak jauh dari ibukota provinsi, dengan jarak mencapai 203,5 km dari Kota Surabaya, dan perjalanan dapat memakan waktu hingga 4 jam.

Kampus ini berdiri pada tahun 1964, meskipun sejarahnya sudah dimulai sejak tahun 1957. Awalnya dikenal dengan nama UNITA, yang merupakan singkatan dari Universitas Tawang Alun.

Universitas Tawang Alun secara resmi didirikan melalui Akta Notaris nomor 13 pada tanggal 8 Maret 1958.

Berdirinya UNITA ini adalah hasil cita-cita dari tiga individu luar biasa yang membentuk panitia yang dikenal sebagai Triumviraat.

Baca juga: Kantor Bupati Termegah di Riau Ini Berhasil Habiskan Dana Rp 160 Milliar, Bikin Kagum! Sayangnya Bakal Tenggelam Tahun 2028?

Baca juga: Provinsi Baru Pemekaran Banten Ini Bakal Buat Stadion Standar FIFA Terbesar di Jawa Barat! Fantastis, Habiskan Dana Rp 244 Milliar

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr