sunbanner

Lahan Hutan Sebesar 1,8 Ha Ini Disulap Jadi Pondok Pesantren Terbesar di Jawa Timur! Luar Biasa, Kini Miliki 18 Cabang Seluruh Indonesia

Lahan Hutan Sebesar 1,8 Ha Ini Disulap Jadi Pondok Pesantren Terbesar di Jawa Timur! Luar Biasa, Kini Miliki 18 Cabang Seluruh Indonesia

pondok-nick-kimel/unplash-

Di Jawa Timur, terdapat sebuah pondok pesantren yang memiliki sejarah unik dan berdiri di kawasan bekas hutan belantara.

Lokasinya terletak cukup jauh dari Surabaya, dengan jarak mencapai 201 km, namun perkembangannya sungguh pesat hingga menjadikannya pondok pesantren terbesar di Jawa Timur, sebagaimana dilansir dari laman resmi jatimprov.go.id.



Lahan yang digunakan untuk mendirikan pusat pendidikan agama Islam ini mencapai luas 1,8 hektar, dan tidak hanya memiliki satu cabang, tetapi juga mencakup 12 cabang yang tersebar di berbagai daerah. Sejarah panjangnya dimulai sejak zaman kerajaan, tepatnya pada abad ke-19.

Pada masa itu, seorang santri alim bernama Sulaiman Jamaluddin mendapat hadiah berupa sebidang tanah di tengah hutan belantara dari kyainya.

Setelah menerima hadiah ini, Sulaiman Jamaluddin, dengan bantuan 40 teman seperjuangannya, memutuskan untuk mendirikan sebuah pondok pesantren setelah sholat Jumat.





×

Baca juga: Mendalami Kisah Nyata? Mengupas Asal Usul Candi Borobudur yang Terletak di Jawa Tengah, Masuk Salah Satu Kategori Keajaiban Dunia

Baca juga: Lahan Perkampungan Warga Seluas 92 Ha Ini Disulap Jadi Kampus Tertua di Jawa Timur, Bisa Tebak Universitas Apa?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr