sunbanner

Pusaka Kolosal Magelang Ini Punya Sejarah Panjang yang Patut Diketahui Sebagai Wawasan, Lantas Taukah Anda Asal dari Candi Borobudur?

Pusaka Kolosal Magelang Ini Punya Sejarah Panjang yang Patut Diketahui Sebagai Wawasan, Lantas Taukah Anda Asal dari Candi Borobudur?

borobudur--

Dalam perjalanan panjang ini, seorang arsitek ulung bernama Gunadharma berperan penting dalam perancangan dan pembangunan candi ini.

Candi megah ini memiliki dimensi yang luar biasa dan begitu banyak detail yang mengagumkan, yang menjadi bukti nyata kecintaan dan dedikasi para pembangunnya.



Kisah Terkuburnya Borobudur

Namun, seperti kebanyakan cerita lama, Borobudur mengalami masa-masa sulit. Reruntuhan megah Candi Borobudur ini terkubur di bawah tanah dan abu vulkanik selama berabad-abad.

Baca juga: Kabupaten Gunungkidul Dikabarkan Bakal Dirubah Jadi Provinsi Baru? Wacana Isu Pemekaran DIY yang Buat Warga Jateng Heboh





×

Baca juga: Kebumen Pilih Mundur dari Jawa Tengah Usai Adanya Wacana Pemekaran Wilayah Jateng! 8 Daerah Ini Juga Sepakat Bentuk Provinsi Baru

Kemungkinan akibat letusan dahsyat Gunung Merapi. Keadaan ini menjadikan candi ini sebagai rahasia terkubur yang hanya dikenal oleh waktu.

Pemulihan Kejayaan Borobudur

Beruntung, takdir Candi Borobudur berubah ketika pada tahun 1911, pemerintahan Thomas Stamford Raffles, yang menjabat sebagai Gubernur Jawa, memulai upaya pemugaran yang spektakuler.

Sejak saat itu, Candi Borobudur kembali menghadirkan pesonanya kepada dunia, menjadi perhiasan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr