sunbanner

Merek Mobil Ini Ternyata Berasal dari Indonesia, Bisa Tebak Apa? Simak Daftar 12 Kendaraan Otomotif Milik Dalam Negeri

Merek Mobil Ini Ternyata Berasal dari Indonesia, Bisa Tebak Apa? Simak Daftar 12 Kendaraan Otomotif Milik Dalam Negeri

Mobil-ivana-cajina/unplash-

10 Daftar mobil asal Indonesia 

Esemka: Merek mobil nasional ini berada di bawah naungan PT. Solo Manufaktur Kreasi.

Program mobil Esemka dimulai pada tahun 2007 sebagai proyek belajar siswa SMK di Solo, Jawa Tengah.



Pada tahun 2019, pabrik Esemka diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan saat ini Esemka telah memproduksi dua jenis mobil, yaitu Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3.

Maleo: Maleo adalah hasil rancangan dari Presiden Ketiga Indonesia, B.J. Habibie. Sebelum menjadi presiden, Habibie pernah menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi di masa pemerintahan Soeharto.

Pada tahun 1996, Habibie merancang mobil nasional bernama Maleo, yang sayangnya tidak sempat diproduksi secara massal.





×

Timor: Timor adalah mobil buatan Indonesia pertama yang diproduksi oleh PT. Timor Putra Nasional (TPN) yang dimiliki oleh Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto). Timor merupakan singkatan dari "Teknologi Industri Mobil Rakyat" dan memproduksi mobil Timor S515. Sayangnya, proyek mobil nasional ini ditutup karena krisis moneter dan kebangkrutan mitra Timor, Kia Motors.

Beta 97: Mobil Beta 97 adalah hasil garapan PT. Bakrie Motor yang sayangnya tidak sempat mengaspal karena proyeknya dihentikan akibat krisis moneter pada tahun 1997.

Baca juga: Ketika Sumatera Selatan Dipenuhi Penduduk! Menyingkap 3 Kota Terpadat di Sana yang Bikin Penasaran, Coba Tebak!

Baca juga: Hebat! Menggali Potensi Eksplorasi Kabupaten Rokan Hulu yang Diduga Hasil Pemekaran Baru Provinsi Riau, Jadi Mekarkan Berapa Wilayah?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr