sunbanner

Majenang Naik Status Jadi Kabupaten? Simak Wacana 5 Daerah Baru Pemekaran Jawa Tengah, Isu Rencana Tambah Daerah Otonom

Majenang Naik Status Jadi Kabupaten? Simak Wacana 5 Daerah Baru Pemekaran Jawa Tengah, Isu Rencana Tambah Daerah Otonom

daerah-andri-hermawan/unplash-

Wacana Pemekaran Kabupaten baru di Jawa Tengah 

Oleh karena itu, muncul isu pemekaran wilayah sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang tersebar.

Wacana pemekaran wilayah menjadi pembicaraan yang menarik di provinsi ini. Jika pemekaran wilayah benar-benar terjadi, beberapa daerah di Jawa Tengah akan mengalami perubahan signifikan dalam status dan kedudukan mereka. Beberapa wacana pemekaran wilayah yang sedang beredar mencakup:



1. Kabupaten Majenang: Kabupaten Majenang berlokasi di bagian barat Kabupaten Cilacap. Rencana pemekaran menyatakan bahwa Kabupaten Majenang akan mandiri dari Kabupaten Cilacap. Kecamatan yang akan menjadi bagian dari kabupaten baru ini termasuk Majenang, Wanareja, Cipari, Sidareja, Kedungreja, Patimuan, Gandrungmangu, Karangpucung, dan Cimanggu.

2. Kabupaten Brebes Selatan: Kabupaten Brebes Selatan juga direncanakan akan dipisahkan dari Kabupaten Brebes. Kecamatan yang akan bergabung dalam kabupaten baru ini mencakup Bumiayu, Salem, Bentarkawung, Tonjong, Sirampog, dan Paguyangan.

3. Kabupaten Banyumas Barat: Kabupaten Banyumas Barat direncanakan akan menjadi kabupaten baru dari Kabupaten Banyumas. Beberapa kecamatan yang akan berpartisipasi dalam pemekaran ini termasuk Gumelar, Pakuncen, Cilongok, Ajibarang, Lumbir, Wangon, Purwojati, Patikraja, Jatilawang, dan Rawalo.





×

4. Kota Purwokerto: Kota Purwokerto direncanakan akan mandiri dari Kabupaten Banyumas. Beberapa kecamatan yang akan menjadi bagian dari kota baru ini mencakup Baturraden, Kedungbanteng, Sumbang, Karanglewas, Purwokerto Utara, Purwokerto Barat, Purwokerto Timur, dan Purwokerto Selatan.

5. Kota Gombong: Kota Gombong rencananya akan menjadi kota baru yang terpisah dari Kabupaten Kebumen. Beberapa kecamatan yang akan termasuk dalam wilayah baru ini mencakup Sempor, Rowokele, Gombong, Kuwarasan, Buayan, Adimulyo, Ayah, dan Puring.

Baca juga: Ketika Sumatera Selatan Dipenuhi Penduduk! Menyingkap 3 Kota Terpadat di Sana yang Bikin Penasaran, Coba Tebak!

Baca juga: Hebat! Menggali Potensi Eksplorasi Kabupaten Rokan Hulu yang Diduga Hasil Pemekaran Baru Provinsi Riau, Jadi Mekarkan Berapa Wilayah?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr