sunbanner

Trending Soal Pemekaran JATIM, Ternyata 2 Wilayah Ini Diakui Punya Nama Terunik dan Makna Berciri Khas, Beda dari yang Lain!

Trending Soal Pemekaran JATIM, Ternyata 2 Wilayah Ini Diakui Punya Nama Terunik dan Makna Berciri Khas, Beda dari yang Lain!

daerah-andriaan/pexels-

Provinsi Blambangan

Nama lain yang mencuat dalam rencana pemekaran Jawa Timur adalah Provinsi Blambangan. Provinsi ini berlokasi di ujung timur Pulau Jawa, mencakup wilayah Kabupaten Lumajang, Probolinggo, Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Situbondo, dan Kota Probolinggo.



Nama "Blambangan" diambil dari sejarah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah tersebut. Meskipun wacana ini telah mengemuka, ibukota Provinsi Blambangan yang diusulkan adalah Kabupaten Jember.

Baca juga: Pasti Rame! Wacana Pemekaran Wilayah di Jawa Tengah Nambah Lima Calon Kabupaten dan Kota, Awal Jumlah Daerah dari 35 Bakal Jadi 40?

Baca juga: Apa Nama Hotel Bintang 3 di Banten? Ternyata Dulunya Rumah Makan Padang yang Sudah Berdiri Sejak 28 Tahun lalu





×

Hingga saat ini, masih belum ada keputusan final atau perbincangan resmi yang mengonfirmasi rencana pemekaran ini.

Namun, jika wacana ini terwujud, Pulau Jawa akan melihat bertambahnya provinsi-provinsi baru dalam masa depan, yang akan memberikan nuansa berbeda dan identitas yang lebih khas bagi masing-masing wilayah.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr