sunbanner

Jawa Timur dalam Rencana Pemekaran, Potret Calon Provinsi Baru dengan Miliki Penamaan Paling Unik, Madura Bukan yang Pertama?

Jawa Timur dalam Rencana Pemekaran, Potret Calon Provinsi Baru dengan Miliki Penamaan Paling Unik, Madura Bukan yang Pertama?

daerah-tama66/pixabay-

Kota Kediri diusulkan sebagai ibukota Provinsi Mataraman, mengingat peran sejarahnya yang signifikan sebagai pusat kerajaan di masa lalu.

Wacana ini tentu menjadi bahan perbincangan menarik, terutama bagi masyarakat yang berharap untuk melihat perkembangan wilayah ini.



Provinsi Blambangan

Selain Provinsi Mataraman, nama Provinsi Blambangan juga mencuat sebagai salah satu alternatif pemekaran dari Jawa Timur.

Baca juga: Bikin Kaget! Kabupaten Majenang Direncanakan Bakal Pisah dari Kabupaten Cilacap hingga Punya 10 Kecamatan Sendiri Sebagai Identitas Wilayah?





×

Baca juga: Onde Mande! Rumah Makan Padang yang Sudah ada Sejak Tahun 1995 ini Disulap jadi Hotel Mewah dan Megah dengan 97 Kamar dan 1.500 Kursi

Provinsi ini berlokasi di ujung timur Pulau Jawa dan mencakup wilayah Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, serta Kota Probolinggo.

Nama "Blambangan" diambil dari sejarah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah tersebut. Ibukota yang diusulkan untuk Provinsi Blambangan adalah Kabupaten Jember. Meski begitu, hingga saat ini, belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai wacana ini.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr