sunbanner

99,8 Km dari Semarang! Calon Provinsi Baru di Jawa Tengah Ini Bikin Heboh, 7 Daerah Ini Pilih Bergabung dan Masuk Wilayah Baru

99,8 Km dari Semarang! Calon Provinsi Baru di Jawa Tengah Ini Bikin Heboh, 7 Daerah Ini Pilih Bergabung dan Masuk Wilayah Baru

Semarang -kata kreatif go id-

Bila dihitung dari luas masing-masing daerah, wilayah provinsi baru ini memiliki potensi mencapai 11.112 km2.

Oleh karena itu, tampak jelas bahwa Surakarta, atau yang lebih akrab dikenal dengan Solo, akan menjadi ibu kota dari provinsi ini.



Keberadaan Solo sebagai ibu kota menjadi pilihan yang sangat strategis mengingat fasilitas-fasilitasnya yang sudah sangat lengkap.

Usulan untuk memberikan status provinsi ini mirip dengan apa yang dimiliki oleh Yogyakarta, yaitu sebagai Daerah Istimewa.

Hal ini menjadi semakin kuat ketika Bupati Karanganyar, Juliyatmono, secara terbuka menyuarakan usulan ini.





×

Beliau juga mengungkapkan bahwa wacana ini sebenarnya sudah ada sejak Joko Widodo menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Terlebih lagi, usulan ini makin mencuat ketika muncul informasi di media sosial mengenai rencana pembagian Pulau Jawa menjadi 9 provinsi.

Meskipun mendapatkan dukungan dari beberapa kepala daerah, namun usulan ini tampaknya masih memerlukan kajian ilmiah lebih lanjut dan perlu disepakati dalam rapat dewan sebelum akhirnya diresmikan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Meski masih memerlukan proses yang panjang dan perlu persetujuan dari berbagai pihak, tidak bisa dipungkiri bahwa rencana pembentukan Provinsi Surakarta dari pemekaran Jawa Tengah adalah ide yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi kenyataan di masa depan.

Dengan luas wilayah mencapai 11.112 km2, provinsi baru ini menjadi salah satu potensi perkembangan wilayah yang menarik untuk dicermati.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr