7 Kecamatan Ini Bersiap Masuk Kabupaten Caringin Pemekaran Banten! Kabupaten Baru Ini Punya Potensi Gak Sembarangan

7 Kecamatan Ini Bersiap Masuk Kabupaten Caringin Pemekaran Banten! Kabupaten Baru Ini Punya Potensi Gak Sembarangan

daerah-sasint/pixabay-

Wacana Pandeglang berubah jadi 2 Daerah 

Provinsi Banten, hasil pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2000, saat ini memiliki 8 wilayah administratif, terdiri dari 4 kabupaten dan 4 kota.

Wilayah ini terletak di ujung barat Pulau Jawa dan memiliki luas mencapai 9.663 km².



Salah satu kabupaten yang mendapat perhatian khusus adalah Kabupaten Pandeglang. Kabupaten ini dikenal sebagai kabupaten terluas di Provinsi Banten, dengan luas wilayah mencapai 2.771 km².

Kabupaten Pandeglang terdiri dari 35 kecamatan, 13 kelurahan, dan 326 desa, menggambarkan kompleksitas dan keragaman wilayah ini.

Melihat data luas wilayah dan jumlah kecamatan, kelurahan, serta desa yang ada di Kabupaten Pandeglang, muncul potensi untuk dilakukan pemekaran wilayah.





×

Baca juga: Wacana Bolaang Mongondow Raya Ikut Pecahan dari Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara Sudah Terbukti? Kabupaten dan Kota Menjadi Satu Bagian?

Baca juga: 3 Provinsi Baru Hasil Pemekaran Jawa Tengah Ini Pecah Kabupaten! Salah Satunya Luasnya Bisa Capai 11,122 Km Loh

Wilayah kabupaten baru lainnya yang diisukan adalah Kabupaten Cibaliung. Kabupaten ini diperkirakan akan terdiri dari 8 kecamatan, yaitu Cibaliung, Cimanggu, Sumur, Cibitung, Cikeusik, Cigeulis, Panimbang, dan Sobang. Ibu kota dari Kabupaten Cibaliung diperkirakan berada di Kecamatan Cibaliung.

Meskipun isu pemekaran wilayah Kabupaten Pandeglang menjadi dua kabupaten baru di Provinsi Banten semakin berkembang, perlu dicatat bahwa hingga saat ini, belum ada berita resmi terkait pemekaran wilayah ini, baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Oleh karena itu, status pemekaran wilayah ini masih sebatas isu yang perlu melalui proses resmi yang panjang sebelum menjadi kenyataan.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr