Menyatu Bersama! Tiga Kabupaten Bekas Pemekaran Sumatera Barat, Terdengar Rumor Bergabung ke Provinsi Sumatera Tengah, Mari Intip Detailnya!

Menyatu Bersama! Tiga Kabupaten Bekas Pemekaran Sumatera Barat, Terdengar Rumor Bergabung ke Provinsi Sumatera Tengah, Mari Intip Detailnya!

daerah-tom-fisk/pexels-

Tiga Kabupaten Bekas Pemekaran Sumatera Barat, Terdengar Rumor Bergabung ke Provinsi Sumatera Tengah, Mari Intip Detailnya!

Di wilayah Sumatera Barat ada perbincangan menarik yang tengah beredar. Kabupaten-kabupaten Dharmasraya, Sijunjung, dan Solok Selatan sedang berdiskusi serius mengenai potensi pemisahan diri untuk membentuk sebuah provinsi baru.



Ini adalah perdebatan yang menarik untuk diikuti, namun sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai pro dan kontra pembentukan provinsi baru ini, mari kita kenali lebih dekat profil ketiga kabupaten tersebut serta sejarah terbentuknya mereka.

Baca juga: Jalan Tol Senilai Rp7 Triliun di Sumatera Utara ini Mangkrak Padahal Sudah Digagas Sejak Tahun 2019 Kini jadi Terbengkalai Kondisinya Mirip...

Baca juga: Dari Jawa Tengah ke Depan! Apa yang Banyumas Harapkan sebagai Provinsi Baru? Tiga Calon Provinsi Dimekarkan dan Kenyataannya!





×

Baca juga: Sulawesi Tenggara Sulap Lahan Seluas 5.900 Ha, jadi Bendungan Terbesar ke-3 di Indonesia Akan Rampaung di Tahun 2027 dengan Dana 8 Trilliun

Kabupaten Dharmasraya

Pemekaran Tahun 2004 Kabupaten Dharmasraya telah menjadi pembicaraan sejak tahun 2004. Pada tanggal 7 Januari 2004, kabupaten ini resmi terbentuk sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.

Yang menarik adalah letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan dua provinsi, yaitu Jambi dan Riau. Dengan Sumatera Barat, Dharmasraya berbatasan langsung dengan Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, Kabupaten Solok, dan Solok Selatan.

Di sisi lain, dengan Provinsi Riau, kabupaten ini berdekatan dengan Kabupaten Kuantan Singingi. Di bagian selatan dan timur, Dharmasraya berbatasan dengan Kabupaten Bungo, Kabupaten Kerinci, dan Kabupaten Tebo, yang semuanya berada di wilayah Provinsi Jambi.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr