sunbanner

Menyatu Bersama! Tiga Kabupaten Bekas Pemekaran Sumatera Barat, Terdengar Rumor Bergabung ke Provinsi Sumatera Tengah, Mari Intip Detailnya!

Menyatu Bersama! Tiga Kabupaten Bekas Pemekaran Sumatera Barat, Terdengar Rumor Bergabung ke Provinsi Sumatera Tengah, Mari Intip Detailnya!

daerah-tom-fisk/pexels-

Kabupaten Sijunjung

Sebelum Pemekaran Kabupaten Sijunjung, yang saat ini juga tengah menjadi sorotan, memiliki sejarah yang panjang.



Sebelum mengalami pemekaran, Sijunjung adalah salah satu kabupaten terluas ketiga di Sumatera Barat.

Kabupaten ini terletak di persimpangan jalur utama yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Provinsi Riau dan Provinsi Jambi.

Selain itu, Sijunjung juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuantan Singingi, yang merupakan bagian dari Provinsi Riau.





×

Baca juga: Dari Jawa Tengah ke Depan! Apa yang Banyumas Harapkan sebagai Provinsi Baru? Tiga Calon Provinsi Dimekarkan dan Kenyataannya!

Baca juga: FILM VIRAL, Nonton Saranjana 2023 Full Movie HD Bioskop Indonesia, Bukan di LK21 IndoXXI BioskopKeren, Angkat Kisah Legendaris Daerah Kalimantan Selatan

Kabupaten Solok Selatan

Pemekaran dari Solok Kabupaten Solok Selatan adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Solok berdasarkan Undang-Undang No. 38 tahun 2003.

Dengan luas wilayah mencapai 3.346,20 kilometer persegi, kabupaten ini menjadi rumah bagi sekitar 182.936 jiwa pada tahun 2020.

Sejarah pemekarannya menjadi salah satu faktor yang menarik perhatian dalam perdebatan pembentukan provinsi baru di Sumatera Barat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr