sunbanner

Dimana Lokasi Provinsi Baru Barito Raya Terbentuk? Wacana Daerah Hasil Gabungan Kalsel dan Kalteng yang Hebohkan Warga, Benarkah?

Dimana Lokasi Provinsi Baru Barito Raya Terbentuk? Wacana Daerah Hasil Gabungan Kalsel dan Kalteng yang Hebohkan Warga, Benarkah?

daerah-nurul-fikriyah/unplash-

Wacana pemekatan Kalsel dan Kalteng 

Rencana pembentukan provinsi-provinsi baru di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) tetap menjadi perhatian utama dalam upaya mendorong perkembangan ekonomi dan pemerataan pembangunan di wilayah tersebut.

Proyek mega Infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus (IKN) yang akan segera direalisasikan menjadi faktor penentu dalam pembentukan provinsi-provinsi baru ini.



Provinsi Kalimantan Tengah, atau Kalteng, memiliki wilayah seluas 153.443 kilometer persegi. Luas wilayah Kalteng bahkan 1,5 kali lebih besar dari Pulau Jawa. 

Oleh karena itu, pemekaran wilayah menjadi sebuah solusi yang akan membagi wilayah ini menjadi 5 kabupaten di Barito Raya.

Kabupaten-kabupaten yang akan bergabung termasuk Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, dan Kabupaten Murung Raya.





×

Baca juga: 2 Provinsi Baru Pemekaran Jawa Barat Ini Bikin Geger Warga Bandung! Cirebon Raya Siap Dibentuk dan Ajak 5 Kabupaten Ini Bergabung

Baca juga: Pandeglang Pecah Kongsi Buat 2 Daerah Baru? Begini Isu Wacana Pemekaran Provinsi Banten dan Kabupaten yang Mekar

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr