sunbanner

Masih Tahap Rencana! 3 Kabupaten Pemekaran di SUMBAR Akan Bergabung dengan Sumatera Tengah, Yuk Kenali Lebih Dekat Profil hingga Potensinya!

Masih Tahap Rencana! 3 Kabupaten Pemekaran di SUMBAR Akan Bergabung dengan Sumatera Tengah, Yuk Kenali Lebih Dekat Profil hingga Potensinya!

daerah-ikedaleo/pixabay-

Sementara di wilayah Provinsi Riau, Kabupaten Dharmasraya berbagi perbatasan dengan Kabupaten Kuantan Singingi.

Tidak hanya itu, di sisi selatan dan timur, Dharmasraya juga berbagi perbatasan dengan wilayah Kabupaten Bungo, Kabupaten Kerinci, dan Kabupaten Tebo yang masuk dalam Provinsi Jambi.



Keunikan geografis inilah yang mungkin akan menjadi pertimbangan penting dalam perjalanan menuju pembentukan provinsi baru.

Baca juga: Jalan Tol Senilai Rp7 Triliun di Sumatera Utara ini Mangkrak Padahal Sudah Digagas Sejak Tahun 2019 Kini jadi Terbengkalai Kondisinya Mirip...

Baca juga: FILM VIRAL, Nonton Saranjana 2023 Full Movie HD Bioskop Indonesia, Bukan di LK21 IndoXXI BioskopKeren, Angkat Kisah Legendaris Daerah Kalimantan Selatan





×

Kabupaten Sijunjung - Kabupaten Terluas Ketiga di Sumatera Barat

Kabupaten Sijunjung, yang juga termasuk dalam wacana pemekaran, merupakan salah satu kabupaten terluas ketiga di Sumatera Barat sebelum dilakukan pemekaran.

Lokasinya strategis, berada di persimpangan jalur utama yang menghubungkan Provinsi Riau dan Provinsi Jambi. Sijunjung juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuantan Singingi di Provinsi Riau.

Kabupaten Solok Selatan - Hasil Pemekaran Bersama dengan Dharmasraya

Solok Selatan adalah kabupaten yang lahir setelah melalui proses pemekaran dari Kabupaten Solok melalui Undang-Undang nomor 38 tahun 2003.

Wilayahnya memiliki luas sekitar 3.346,20 kilometer persegi dan pada tahun 2020 dihuni oleh sekitar 182.936 jiwa.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr