sunbanner

Kabupaten Mana yang Bakal Bergabung Masuk Provinsi Kapuas Raya? Simak Ini Ibu Kotanya, Bukan Pontianak Loh!

Kabupaten Mana yang Bakal Bergabung Masuk Provinsi Kapuas Raya? Simak Ini Ibu Kotanya, Bukan Pontianak Loh!

Bukan Sekadar Angka! Cerita Menarik di Balik Rencana Pemekaran Sumatra dengan 13 Provinsi dan 78 Kabupaten/Kota!-rayson-tan/pexels-

Ibukota dari Provinsi Kapuas Raya ini akan berlokasi di salah satu kecamatan yang terletak di Sintang, kabupaten Sintang, dengan jarak sekitar 321 km dari Kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat, sebuah provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan, dengan ibu kota di Pontianak, memiliki luas wilayah yang mencapai 147.307,00 kilometer persegi dan populasi penduduk sekitar 5.541.376 jiwa pada tahun 2022.



Provinsi ini adalah provinsi ketiga terluas di Indonesia dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

Namun, belakangan muncul isu terkait pemekaran wilayah di Kalimantan Barat dengan rencana untuk menjadikan ibu kota provinsi baru yang berjarak sekitar 321 km dari Kota Pontianak.

Informasi ini memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai pentingnya pembentukan provinsi-provinsi baru yang direncanakan oleh pemerintah pusat.





×

Baca juga: Provinsi Baru Hasil Gabungan Kalteng dan Kalsel Bukan Cuma Wacana? Begini Isu Daerah Bernama Barito Raya dan Kabupatennya

Baca juga: Menyatu Bersama! Tiga Kabupaten Bekas Pemekaran Sumatera Barat, Terdengar Rumor Bergabung ke Provinsi Sumatera Tengah, Mari Intip Detailnya!

Pembentukan Provinsi Kapuas Raya mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Bupati Sanggau dan DPRD Kabupaten Sanggau, Bupati Sintang dan DPRD Kabupaten Sintang, Bupati Kapuas Hulu dan DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Bupati Sekadau dan DPRD Kabupaten Sekadau, serta Bupati Melawi dan DPRD Kabupaten Melawi.

Semua pihak berkomitmen untuk mendorong pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) provinsi Kapuas Raya sehingga rencana ini dapat segera terwujud.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr