sunbanner

Mengusung Potensi Jawa Timur! Ungkap 3 Usulan Provinsi Baru yang Menarik untuk Dibahas, Benarkah Rencana Tersebut Bisa Terealisasikan?

Mengusung Potensi Jawa Timur! Ungkap 3 Usulan Provinsi Baru yang Menarik untuk Dibahas, Benarkah Rencana Tersebut Bisa Terealisasikan?

daerah-laura-tancredi/pexels-

1. Provinsi Mataram (Jawa Timur Selatan)

Wilayah provinsi ini akan mencakup daerah-daerah seperti Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Pacitan. Ibu kotanya akan berada di Kota Kediri.



2. Provinsi Madura

Provinsi Madura akan mencakup Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, dan Kota Pamekasan. Ibu kotanya akan berada di Kota Pamekasan.

3. Provinsi Blambangan





×

Wilayah provinsi ini mencakup Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang. Ibu kotanya akan berada di Kabupaten Jember.

Baca juga: Lahan Bekas Kuburan Seluas 65,5 Ha Ini Disulap Jadi Universitas Tertua di Jawa Tengah, Bikin Kaget Jaraknya Hanya 104 Km dari Semarang

Baca juga: Gencar Isu Pemekaran Jawa Tengah! 2 Kabupaten Ini Justru Menolak Keluar dari Jateng, Mengapa? Simak Daerah Lainnya yang Putuskan Tetap Tinggal

Namun, wacana pemekaran provinsi ini juga telah menarik Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim, Jempin Marbun, untuk memberikan komentar.

Menurut Jempin, 3 usulan pemekaran provinsi dari Jatim merupakan berita yang tidak benar atau hoax. Dia menegaskan bahwa hingga saat ini, belum ada undang-undang yang mengatur mengenai pemekaran provinsi dari Jawa Timur.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr