Tulungagung Antusias Menghadapi 3 Konsep Pemekaran Provinsi Baru dari JATIM: Capai Tujuan Pembangunan Ekonomi?

Tulungagung Antusias Menghadapi 3 Konsep Pemekaran Provinsi Baru dari JATIM: Capai Tujuan Pembangunan Ekonomi?

daerah-bulletrain743/pixabay-

Tulungagung Antusias Menghadapi 3 Konsep Pemekaran Provinsi Baru dari JATIM: Capai Tujuan Pembangunan Ekonomi?

Pemekaran wilayah telah menjadi perbincangan hangat di media sosial baru-baru ini, dengan Pulau Jawa menjadi fokus perhatian utama.



Salah satu daerah yang paling intens diperbincangkan dalam rencana pemekaran wilayah adalah Jawa Timur, sebuah provinsi yang dikenal dengan kepadatan penduduknya.

Baca juga: Gak Main-main! Pulau Buatan di Bali Ini Habiskan Dana Rp 104 Trilliun, Mangkrak 21 Tahun, Gimana Kabarnya Sekarang?

Baca juga: 2 Provinsi Baru Pemekaran Jawa Barat Ini Bikin Geger Warga Bandung! Cirebon Raya Siap Dibentuk dan Ajak 5 Kabupaten Ini Bergabung





×

Baca juga: 2 Provinsi Baru Pemekaran Jawa Tengah Ini Justru Rebutan Kudus Masuk Wilayahnya, Kok Bisa? Ternyata Ini Potensi Luar Biasanya

Meningkatnya jumlah penduduk di Jawa Timur menjadi salah satu alasan kuat di balik usulan pemekaran ini. Konon, rencana pemekaran ini akan menghasilkan tiga provinsi baru yang akan berasal dari Jawa Timur.

Namun, pertanyaan mendasar adalah, provinsi-provinsi mana yang diusulkan untuk dimekarkan dari Jawa Timur?

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, ikut memberikan komentarnya mengenai kabar pemekaran daerah otonom baru (DOB) di Jawa Timur.

Beliau menekankan pentingnya menjalani proses pemekaran ini dengan matang, melalui prosedur yang telah ditetapkan.

Dalam keterangannya, Ketua DPD RI menjelaskan bahwa usulan pemekaran daerah otonom baru hanya merupakan isu, dan bahkan menyebut bahwa pemekaran tersebut masih berada dalam status moratorium.

Kini, mari kita telusuri lebih dalam tiga usulan provinsi baru yang diusulkan untuk dimekarkan dari Jawa Timur:

1. Propinsi Mataram (Jawa Timur Bagian Selatan)

Propinsi Mataram akan mencakup wilayah-wilayah berikut: Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Pacitan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr