sunbanner

Luasnya Capai 3,186 Km, Provinsi Ini Siap Lepas Dua Kabupaten Ini Jadi Daerah Mandiri? Bikin Kaget! Cek Wilayah Kamu Termasuk?

Luasnya Capai 3,186 Km, Provinsi Ini Siap Lepas Dua Kabupaten Ini Jadi Daerah Mandiri? Bikin Kaget! Cek Wilayah Kamu Termasuk?

daerah-laura-tancredi/pexels-

Wacana dua kabupaten DIY yang Bakal Lakukan Pemekaran 

1. Kabupaten Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu kabupaten yang diusulkan untuk dimekarkan menjadi daerah otonom baru (DOB). Saat ini, kabupaten ini memiliki luas wilayah sebesar 1.485,36 km2, yang merupakan 46,63 persen dari luas keseluruhan provinsi.



Kabupaten Gunungkidul terbagi menjadi 18 kecamatan dan 144 desa. Slamet S.Pd., MM., mantan anggota DPRD DIY, mengusulkan pemekaran wilayah ini menjadi Kabupaten Gunungkidul Timur dan Kabupaten Gunungkidul Barat.

Kabupaten Gunungkidul Timur mencakup wilayah Ngawe, Karangmojo, Girisubo, Ponjong, Rongkop, Semanu, Tepus, Semin, dan Tanjungsari. Sementara itu, Kabupaten Gunungkidul Barat terdiri dari Gedangsari, Nglipar, Playen, Paliyan, Patuk, Panggang, Saptosari, Wonosari, dan Purwasari.

2. Kabupaten Sleman





×

Kabupaten Sleman, salah satu daerah di Provinsi Yogyakarta, juga menjadi sorotan terkait isu pemekaran wilayah. Meskipun isu tersebut telah meredup dalam beberapa waktu terakhir, terdapat kecenderungan untuk melakukan pemekaran di wilayah tertentu, seperti Kecamatan Depok.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr