sunbanner

Jika Provinsi Ini Berhasil Terwujud! Kota Batam Bakal Jadi Daerah Otonom Terkecil se Indonesia, Luasnya Cuma 1,575 Km

Jika Provinsi Ini Berhasil Terwujud! Kota Batam Bakal Jadi Daerah Otonom Terkecil se Indonesia, Luasnya Cuma 1,575 Km

daerah-andri-hermawan/unplash-

Wacana pemekaran Provinsi Riau 

Kota Batam, yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, menjadi sorotan karena perkembangan positifnya yang terencana dan ekonominya yang kuat.

Keberhasilan ini menjadi salah satu alasan mengapa usulan pembentukan provinsi baru di kota Batam semakin mencuat.



Kota Batam memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya adalah basis ekonominya yang kuat. Selain itu, terdapat keyakinan bahwa pembentukan provinsi baru di kota Batam bisa menjadikannya sebagai pesaing serius bagi negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Rencana pemekaran Provinsi Kepulauan Riau untuk memisahkan Kota Batam sebagai provinsi otonom baru berlokasi sekitar 90 kilometer dari ibu kota provinsi, Tanjung Pinang.

Baca juga: Warga Garut Siap-siap! Kabupaten Baru Ini Segera Terbentuk Hasil Pemekaran Wilayah, Namanya Unik! Apa Arti Bulubur Limbangan?





×

Baca juga: Jember Pecah! Kabupaten Seluas 3,293 Km Ini Bakal Segera Lakukan Pemekaran dan Bentuk Kabupaten Baru, Apa Namanya?

Meskipun Kota Batam berfungsi sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, perkembangan ekonominya yang pesat menjadikannya sebagai salah satu kawasan maju dengan berbagai industri yang berkembang.

Namun, usulan mengenai perubahan status Kota Batam menjadi provinsi masih dalam tahap pertimbangan, dan ada sejumlah kebijakan yang perlu dibahas bersama dengan pemerintah pusat.

Baca juga: Jika Pemekaran Provinsi Nusa Tenggara Barat Terjadi, Ini Kota yang Bakal Jadi Calon Ibu Kota Wilayah Baru Perluasan Daerah

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr