sunbanner

Rencana Keluar Balikpapan dari Kalimantan Timur, Usulan Provinsi Baru dalam Pemekaran Kaltim, Apakah Akan Menjadi Pusat Pemerintahan?

Rencana Keluar Balikpapan dari Kalimantan Timur, Usulan Provinsi Baru dalam Pemekaran Kaltim, Apakah Akan Menjadi Pusat Pemerintahan?

daerah-andri-hermawan/unplash-

Saat ini, kabupaten ini berada dalam wilayah Kalimantan Timur, tetapi ketidakpuasan terhadap pembangunan telah memicu wacana untuk keluar dari Kaltim.

Kabupaten ini sebelumnya merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Paser yang resmi terbentuk pada tahun 2002.



3. Kabupaten Paser

Kabupaten Paser saat ini menjadi bagian dari wilayah Kalimantan Timur dengan ibukotanya di Tanah Grogot. Seperti dua kabupaten sebelumnya, ketidakpuasan terhadap pembangunan yang tidak merata telah menjadi alasan kuat untuk perubahan.

Baca juga: Sudah Mulai Renggang? Bogor Berencana Menjadi Dua Kabupaten Terpisah, Inilah Rencana Pembagian Wilayah Baru di Jawa Barat Akan Terwujud Sesuai Keinginan?





×

Baca juga: Bukan Surabaya! Kabupaten Ini Justru Dinilai Lebih Cocok Jadi Ibu Kota Jawa Timur, Isu Pemkaran Kabupaten Tunjuk 3 Daerah Ini?

Baca juga: Era Bendungan Mega di Jawa Barat! Belasan Desa Lenyap Akibat Proyek Terbesar di Indonesia, Kini Lakukan Perbaikan dan Pecah Rekor Bangunan Terbesar di Indonesia?

Ketiga kabupaten ini, meskipun menjadi penyumbang terbesar bagi provinsinya, merasa bahwa pembangunan yang mereka terima belum sepadan dengan kontribusinya.

Ketiga kabupaten di atas telah diusulkan untuk menjadi bagian dari provinsi baru hasil pemekaran dari Kalimantan Timur, yang disebut Kalimantan Tenggara.

Provinsi baru ini rencananya akan memiliki ibukota di Balikpapan, dan nampaknya, rencana ini bukanlah sekadar wacana semata. Dengan demikian, Indonesia tengah menyaksikan proses perubahan wilayah yang menarik untuk dibahas.

***

Editor: Septiana
TAG: #pemekaran wilayah #daerah #kecamatan #kabupaten #kota #provinsi #desa #dusun #dimekarkan #nambah wilayah #perkembangan daerah
Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr