sunbanner

Apa Kepanjangan ABAS? Provinsi Baru Pemekaran Aceh yang Kabarnya Segera Terwujud, Simak Ini Kabupaten yang Bakal Bergabung

Apa Kepanjangan ABAS? Provinsi Baru Pemekaran Aceh yang Kabarnya Segera Terwujud, Simak Ini Kabupaten yang Bakal Bergabung

daerah-semar/unplash-

Wilayah calon provinsi ABAS (Aceh Barat Selatan) menjadi perbincangan hangat dalam konteks pemekaran Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Luas wilayah potensial provinsi baru ini diperkirakan mencapai 17.480 kilometer persegi, yang setara dengan sekitar 30.5 persen dari total luas Provinsi Aceh secara keseluruhan.



Dalam wacana ibu kota yang menjadi alternatif untuk Provinsi Aceh Barat Selatan, usulan terdepan mengarah ke Kabupaten Aceh Barat.

Keputusan ini dipertimbangkan berdasarkan sejumlah aspek strategis. Sebelum adanya pemekaran, Kabupaten Aceh Barat memiliki luas wilayah sekitar 10.097,04 km² atau sekitar 1.010.466 hektar.

Namun, dengan pemekaran ini, wilayah Aceh Barat Selatan diproyeksikan untuk menggabungkan enam kabupaten sebagai bagian integral dari perkembangannya.





×

Baca juga: Proyek Jalan Tol di Terpanjang di Pulau Kalimantan Ini Trabas Daerah di Malaysia, Emang Bisa? Panjangnya Bisa Capai 7,619 Km

Baca juga: 4 Jalan Tol Terbesar di Sumatera Utara Berhasil Tuntas! Panjangnya Bisa Capai 103 Km, Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Paling Ditunggu!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr