sunbanner

Apa Kepanjangan ABAS? Provinsi Baru Pemekaran Aceh yang Kabarnya Segera Terwujud, Simak Ini Kabupaten yang Bakal Bergabung

Apa Kepanjangan ABAS? Provinsi Baru Pemekaran Aceh yang Kabarnya Segera Terwujud, Simak Ini Kabupaten yang Bakal Bergabung

daerah-semar/unplash-

Pemekaran Aceh 

Kabupaten-kabupaten yang akan tergabung dalam Provinsi Aceh Barat Selatan ini adalah Aceh Jaya, Simeulue, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, serta Nagan Raya.

Letak geografis provinsi baru ini terbentang di wilayah pantai barat dan selatan Pulau Sumatera, membentang dari gunung Geurutee hingga Krueg Seumayam, dengan garis pantai mencapai 250 km². Namun, setelah pemekaran, luas wilayahnya akan menyusut menjadi sekitar 2.927,95 km².



Sementara itu, calon Provinsi Aceh Lauser Antara, yang juga muncul sebagai hasil dari wacana pemekaran, direncanakan memiliki Kota Subulussalam sebagai ibu kota. Provinsi baru ini memiliki luas wilayah sekitar 19.290 kilometer persegi, yang setara dengan sekitar 34 persen dari luas wilayah Provinsi Aceh secara keseluruhan. Populasinya diperkirakan mencapai sekitar 929 ribu jiwa, yang mencakup sekitar 18 persen dari total penduduk Provinsi Aceh saat ini.

Munculnya ide pemekaran wilayah ini memiliki latar belakang yang kuat, karena masyarakat Aceh, meskipun dikenal sebagai penghasil sawit terbesar di Indonesia, masih menghadapi berbagai masalah, termasuk stunting dan kemiskinan ekstrem.

Menurut Safarudin, Ketua Yayasan Advokat Rakyat Aceh (YARA), pemekaran wilayah diusulkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh.





×

Baca juga: Vibes Korea Nih Bos! Nikmati Tempat Wisata di Jakarta yang Unik dan Menarik Bak Berkunjung ke Luar Negeri, Nomor 3 Banyak Peminatnya!

Baca juga: Pabrik Kopi Terbengkalai di Bandung Ini Disulap Jadi Gedung Wali Kota Terbesar di Jawa Barat, Luasnya Bisa Capai 6,5 Ha!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr