sunbanner

FIX atau HOAX? Pemekaran Jawa Timur Akan Terbelah? 12 Daerah Ini Terpecah, Cek Apakah Daerahmu Terkena Dampaknya!

FIX atau HOAX? Pemekaran Jawa Timur Akan Terbelah? 12 Daerah Ini Terpecah, Cek Apakah Daerahmu Terkena Dampaknya!

Lega Pol! 5 KabuIbu Kota Bangka Belitung Pindah Jika Wilayah Dimekarkan? Daerah seluas 3.028,794 Km2 Makin Maju dan Berkembang Pesat, Cek Kebenarannya Berikutaten Terluas di Maluku, Ambon Tersingkir dengan Daerah-daerah Super Besar Ini, Juaranya 11.595 Km-pexel-

FIX atau HOAX? Pemekaran Jawa Timur Akan Terbelah? 12 Daerah Ini Terpecah, Cek Apakah Daerahmu Terkena Dampaknya!

Dalam beberapa waktu terakhir, yakni pada awal tahun 2023, masyarakat pengguna internet telah menjadi saksi dari munculnya isu atau wacana baru yang mengangkat topik pemekaran beberapa provinsi di Indonesia.



Sebelumnya, sudah banyak isu dan usulan yang beredar mengenai pemekaran provinsi, terutama di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun, saat ini giliran isu mengenai pemekaran wilayah di Jawa Timur yang tengah menjadi sorotan utama perbincangan.

Provinsi Jawa Timur dikenal karena memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi, dan seringkali dianggap memiliki ukuran wilayah yang terlalu besar. Kondisi ini telah memicu perdebatan dan pembahasan mengenai kemungkinan pemekaran wilayah di provinsi tersebut. Isu ini mencerminkan adanya perhatian yang semakin meningkat dan perbincangan yang luas di kalangan masyarakat terkait kebutuhan untuk membagi atau memekarkan wilayah Jawa Timur guna meningkatkan pelayanan dan pengelolaan bagi penduduknya yang semakin membesar.

Baca juga: Trending Twitter! Kapan Jefri Nichol dan El Rumi Tanding Tinju di Superstar Knockout, Ini Jadwal Lengkapnya





×

Baca juga: FIX Ganti? Jabar Siap Pecah dan Mekarkan Wilayah Agar Luas? Dugaan Kota Ini Bakal Jadi Ibu Kotanya, Bukan Bandung?

Baca juga: Sejarah Panjang Asal Usul Nama Surabaya Si Kota Pahlawan, Ternyata Dibalik Namanya Ada Makna Terkenal

Apakah Anda penasaran dengan gambaran provinsi baru dan kabupaten atau kota baru yang akan muncul? Simak informasinya di bawah ini.

Dalam wacana yang beredar, disebutkan bahwa Provinsi Jawa Timur akan dimekarkan menjadi 3 provinsi baru, yang tentunya akan melibatkan beberapa daerah yang berencana untuk memisahkan diri dari Jawa Timur.

Jawa Timur saat ini terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota, dengan Kota Surabaya sebagai ibu kotanya.

Ketika isu mengenai pemekaran wilayah Jawa Timur mencuat, beredar kabar bahwa beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur akan dibubarkan dan digabungkan menjadi provinsi baru.

Salah satu provinsi baru yang dibicarakan adalah provinsi Matarama atau Jawa Selatan.

Provinsi Mataraman disebutkan akan terdiri dari 12 kabupaten dan kota, berikut ini adalah informasinya:

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr