sunbanner

Abad Berapa Terowongan Terpanjang di Jawa Tengah Dibangun? Ungkap Tuntas Seluk-beluk Peninggalan Bersejarah Ini!

Abad Berapa Terowongan Terpanjang di Jawa Tengah Dibangun? Ungkap Tuntas Seluk-beluk Peninggalan Bersejarah Ini!

terowongan-pexels/pixabuy-

Karakteristik unik Terowongan Ijo terletak pada rel tunggal yang membentang sepanjang 580 meter. Konstruksi ini menjadi bukti kehandalan teknik yang tak ternilai pada masa itu.

Kabarnya, pembangunan Terowongan Ijo dimulai sekitar tahun 1885-1886, membuatnya sudah mengesankan penumpangnya selama 137 tahun lamanya.



Pintu gerbang Terowongan Ijo pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 20 Juli 1887, bersamaan dengan peresmian jalur kereta api Yogyakarta-Cilacap.

Baca juga: Ambon Manise! Maluku Rupanya Punya Desa Wisata yang Mampu Raih Ranking Terfavorit ADWI 2023: Cocok Untuk Healing Bareng Sanak Saudara dan Keluarga!

Baca juga: Melimpah Sekali! Cek 3 Kabupaten Jawa Timur yang Menggemparkan Sebagai Pusat Produksi Bawang Merah, Probolinggo Justru Tidak Mendominasi?





×

Hingga kini, terowongan ini tetap menjadi salah satu peninggalan berharga yang dijaga dan dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V Purwokerto.

Jelajahi keindahan dan misteri Terowongan Ijo, saksi bisu dari perjalanan panjang kereta api di Jawa Tengah. Sebuah potret hidup dari masa lalu yang terus memukau dengan keajaibannya yang tak ternilai.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr