sunbanner

Spektakuler! Waduk Terbesar Hubungan Jakarta-Banten Ini Dibangun dari Desa Warga yang Terbengkalai Selama 2 Tahun, Warganya Kemana?

Spektakuler! Waduk Terbesar Hubungan Jakarta-Banten Ini Dibangun dari Desa Warga yang Terbengkalai Selama 2 Tahun, Warganya Kemana?

waduk-rahul-pabolu/unplash-

Bendungan ini juga akan menyediakan air untuk kebutuhan rumah tangga dan industri di 9 kota atau kabupaten yang terletak di Provinsi Jakarta dan Banten, dengan kapasitas hingga 14,6 meter kubik per detik.

Pembangunan Bendungan Karian sendiri dimulai pada bulan Oktober 2015 dan menelan anggaran sekitar Rp1,3 triliun.



Dengan ukuran dan kapasitas yang dimilikinya, bendungan ini bahkan berhasil menempati posisi ketiga sebagai bendungan terbesar di Indonesia.

Namun, pembangunan bendungan ini juga mengakibatkan nasib pilu bagi Kampung Karian. Kampung yang terpencil di wilayah Banten ini kini dibiarkan terbengkalai.

Akses menuju kampung tersebut memerlukan perlintasan jembatan gantung yang menghubungkannya melintasi Sungai Ciberang dari Kampung Nangela.





×

Kampung Karian sudah terbengkalai selama lebih dari dua tahun. Puluhan rumah yang dulunya ditempati oleh warganya kini tak berpenghuni, meninggalkan hanya dua rumah yang masih dihuni oleh warga.

Baca juga: Kabupaten Baru di Jawa Barat Ini Bikin Syok Urang Bandung! Kecamatan Ini Diprediksi Bakal Unggul Usai Ganti Status DOB

Baca juga: Ambon Manise! Maluku Rupanya Punya Desa Wisata yang Mampu Raih Ranking Terfavorit ADWI 2023: Cocok Untuk Healing Bareng Sanak Saudara dan Keluarga

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr