sunbanner

Waduh! 3 Kabupaten Besar di Jambi Ini Pilih Minggat dan Masuk Provinsi Baru Sumatera Tengah, Pemerintah Mulai Ketar-ketir?

Waduh! 3 Kabupaten Besar di Jambi Ini Pilih Minggat dan Masuk Provinsi Baru Sumatera Tengah, Pemerintah Mulai Ketar-ketir?

daerah-amran-alie/unplash-

Kabupaten baru yang masuk Sumatera Tengah 

Sebagai bukti sejarah panjangnya, Jambi dikenal memiliki empat kerajaan Melayu Kuno, seperti Koying, Tupo, Kantoli, dan Zabag.

Prasasti Karang Berahi, yang berbahasa Melayu Kuno dan berasal dari abad ke-7 Masehi, juga ditemukan di daerah pedalaman Jambi.



Salah satu kekayaan budaya yang luar biasa adalah kompleks candi Hindu-Buddha, Candi Muaro Jambi, yang terluas di Asia Tenggara dengan luas mencapai 3.981 hektare. Candi ini diyakini sebagai peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu, berasal dari abad ke-7 hingga ke-12 Masehi.

Kabupaten Bungo
Kabupaten Bungo, hasil pemekaran Kabupaten Bungo Tebo pada tahun 1999, menempati wilayah barat Provinsi Jambi. Dengan luas wilayah 4.659 km², atau sekitar 9,80% dari luas provinsi, kabupaten ini menjadi salah satu yang terlibat dalam wacana pemekaran.

Bungo memiliki kekayaan alam berupa sektor perkebunan, khususnya karet dan kelapa sawit, serta sektor pertambangan yang didominasi oleh batu bara. Selain itu, keberadaan emas yang tersebar di wilayah ini juga menjadi potensi ekonomi yang cukup besar.





×

Baca juga: TUNNEL Terpanjang di Jawa! Ungkap Fakta Tentang Terowongan Bersejarah di Jawa Tengah, Peninggalan Belanda dan Dibangun Sejak Abad Ke Berapa?

Baca juga: Kabupaten Baru di Jawa Barat Ini Bikin Syok Urang Bandung! Kecamatan Ini Diprediksi Bakal Unggul Usai Ganti Status DOB

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr