Bikin Elon Musk Gigit Jari, Pendapatan Tesla Turun Drastis, Tren Mobil Listrik Turun?

Bikin Elon Musk Gigit Jari, Pendapatan Tesla Turun Drastis, Tren Mobil Listrik Turun?

Logo Tesla--

OTOMOTIF1.cm - Bikin Elon Musk Gigit Jari, Pendapatan Tesla Turun Drastis, Tren Mobil Listrik Turun?

Tesla telah mengumumkan hasil keuangan untuk kuartal ketiga, yang di bawah ekspektasi, karena mencerminkan dampak penurunan harga mobil yang diumumkan selama periode tersebut.



Total pendapatan meningkat 9% menjadi 23,35 miliar dolar, kurang dari perkiraan analis yang mengharapkan 24,19 miliar dolar, mencatat tingkat pertumbuhan paling lambat dalam tiga tahun terakhir untuk perusahaan tersebut.

Laba bersih disesuaikan sebesar 2,32 miliar dolar atau 66 sen per saham, sementara perkiraan adalah sebesar 73 sen per saham. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, laba bersih adalah 1,05 dolar per saham dengan pendapatan sebesar 21,45 miliar dolar.

Selain itu, Tesla melaporkan pendapatan sebesar 19,63 miliar dolar dari bisnis otomotif dan 1,56 miliar dolar dari produksi dan penyimpanan energi.





×

Laba bersih untuk kuartal ketiga adalah 1,85 miliar dolar atau 53 sen per saham, turun 44% dari 95 sen per saham pada kuartal yang sama tahun 2022.

Laba kotor secara keseluruhan turun 22% secara tahunan. Margin operasional total mencapai 7,6%, jauh lebih rendah dari 17,2% pada kuartal sebelumnya.

Margin laba kotor mencapai 17,9% untuk kuartal yang berakhir pada bulan September, dibandingkan dengan 25,1% setahun sebelumnya ketika perusahaan belum mulai menurunkan harga. Pada kuartal kedua, Tesla melaporkan margin laba kotor sebesar 18,2%.

Biaya penelitian dan pengembangan meningkat menjadi 1,16 miliar dolar dari 733 juta dolar pada kuartal sebelumnya. Perusahaan ini mengumumkan bahwa telah melipatgandakan sumber daya yang diinvestasikan dalam pelatihan kecerdasan buatan.

Selama kuartal ketiga, Tesla memproduksi 430.488 mobil, dengan Model 3 dan Model Y mewakili 416.800 unit, sementara Model S dan Model X sebanyak 13.688 unit. Pada sisi pengiriman, Tesla mengirimkan 435.059 mobil selama periode Juli-September. Dari jumlah itu, 15.985 adalah Model S dan Model X dan 419.074 adalah Model 3 dan Model Y.

Penurunan harga, meskipun memberikan tekanan pada pesaing-pesaingnya, telah membatasi marjin keuntungan perusahaan dan menyebabkan kekhawatiran tentang arah pengembangannya.

Sejak Januari, Tesla telah melakukan penurunan harga dan diskon besar-besaran, termasuk penurunan lebih dari 6% pada semua model selama kuartal ketiga, dalam upaya untuk mendorong penjualan dalam periode permintaan yang lebih lemah. Langkah ini meningkatkan penjualan pada paruh pertama tahun, tetapi tren positif tersebut tidak berlanjut di kuartal ketiga, di mana pengiriman menurun.

Investor dan analis sekarang mengharapkan lebih banyak penurunan harga, karena perusahaan otomotif berusaha untuk mengirimkan jumlah rekor 476.000 kendaraan pada kuartal keempat untuk mencapai target tahunan mereka sebesar 1,8 juta kendaraan.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr