Kabupaten Berjarak 310 Km dari Surabaya Putuskan Keluar dari Jawa Timur dan Bentuk Daerah Baru! Warganya Udah Tahu Belum?

Kabupaten Berjarak 310 Km dari Surabaya Putuskan Keluar dari Jawa Timur dan Bentuk Daerah Baru! Warganya Udah Tahu Belum?

Daerah- azkiya alfaini zahro/unplash-

Usulan pemekaran provinsi dari Jawa Timur tidaklah baru, dan tujuan utama di balik pembentukan provinsi-provinsi baru adalah untuk mempercepat pembangunan.

Salah satu tokoh yang mengusulkan pembentukan provinsi baru di ujung timur Jawa Timur ini adalah MZA Djalal, seorang mantan Bupati Kabupaten Jember yang menjabat selama dua periode dari 2005 hingga 2015.



Djalal menyatakan bahwa jika warga Jember memiliki keberanian, seharusnya mereka tidak ragu-ragu untuk mengajukan usulan pembentukan provinsi baru agar pembangunan dapat dilaksanakan dengan lebih cepat.

Ia menegaskan, "Kalau kita memang punya keberanian, jangan tanggung. Kita bentuk Provinsi Jawa Timur bagian timur."

Selain itu, beberapa usulan nama provinsi baru juga telah muncul dari mantan kepala daerah ini, seperti Provinsi Tawang Alun, Provinsi Blambangan, atau Provinsi Pendalungan.





×

Usulan ini mencerminkan semangat untuk memberikan identitas dan semangat baru bagi daerah tersebut melalui pemekaran wilayah.

Baca juga: Tersisa Berapa? Menelusuri Ragam Kabupaten Kota di 4 Provinsi Baru Pasca Pemekaran Papua, Apa Kabar Merauke dan Sorong di Provinsi Baru Mereka?

Baca juga: Perubahan Setelah Pemekaran! Provinsi Papua Cuma Punya Sembilan Kota dan Kabupaten Saja, Miliki Destinasi Menarik di Dalamnya?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr