sunbanner

Provinsi Kotawaringin Bakal Jadi Wilayah Termaju Jika Realisasi Pemekaran Kalimantan Terwujud! Gimana Nasib Daerah yang Ada Saat Ini?

Provinsi Kotawaringin Bakal Jadi Wilayah Termaju Jika Realisasi Pemekaran Kalimantan Terwujud! Gimana Nasib Daerah yang Ada Saat Ini?

daerah-maria-orlova/pexels-

Keenam provinsi yang diwacanakan untuk dimekarkan adalah

Provinsi Sambas Raya:
Provinsi ini direncanakan dengan ibu kota di Kota Sambas. Secara administratif, mencakup 4 kabupaten dan 1 kota, termasuk Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sambas. Kota Sambas dan Kabupaten Sambas Utara diusulkan sebagai daerah otonom baru.

Provinsi Kapuas Raya:
Provinsi ini terdiri dari 5 Kabupaten, melibatkan Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang, dan Kabupaten Kapuas Hulu. Ibu kota Provinsi Kapuas Raya direncanakan berada di Sintang.



Provinsi Tanjung Pura:
Provinsi ini terdiri dari 5 kabupaten, melibatkan Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Hulu, ditambah tiga calon daerah otonomi baru, yaitu Kabupaten Tumbang, Kabupaten Ketapang, dan Kabupaten Jelai Kendawangan Raya. Ibu kota direncanakan berada di Kota Ketapang.

Baca juga: Perjalanan Menarik! Jarak Antar Daerah di Papua Barat sebelum Pemekaran Wilayah Tempuh Ratusan Km, Sorong ke Manokwari Berjarak Berapa Kilometer?

Baca juga: Nonton Film Sewu Dino (2023) Diambil dari Kisah Viral Twitter Simple Man, Streaming Mudah Tanpa Iklan Hanya Disini Bukan Rebahin Ganool Watch





×

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr