sunbanner

Provinsi Kotawaringin Bakal Jadi Wilayah Termaju Jika Realisasi Pemekaran Kalimantan Terwujud! Gimana Nasib Daerah yang Ada Saat Ini?

Provinsi Kotawaringin Bakal Jadi Wilayah Termaju Jika Realisasi Pemekaran Kalimantan Terwujud! Gimana Nasib Daerah yang Ada Saat Ini?

daerah-maria-orlova/pexels-

Provinsi Kotawaringin:
Provinsi ini terdiri dari 5 kabupaten, mencakup Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan, dan Kabupaten Kotawaringin Timur. Ibu kota provinsi direncanakan di Seruyan.

Provinsi Barito Raya:
Rencana ini melibatkan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan. Calon provinsi baru ini terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, dan Kabupaten Barito Kuala. Rencana ibu kota berada di Muara Teweh, Barito Utara.



Baca juga: Tiga Pilihan Tempat Menyaksikan Pesona Senja di Kampus UIN Walisongo Semarang, Suasana Nyaman Buat Para Mahasiswa Menghilangkan Penat!

Provinsi Kalimantan Tenggara:
Provinsi ini merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Selatan dan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Secara administratif, Provinsi Kalimantan Tenggara mencakup 5 kabupaten, termasuk Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan ibu kota direncanakan di Kota Baru.

Rencana pemekaran 6 provinsi baru ini mencerminkan upaya untuk memaksimalkan pembangunan di Pulau Kalimantan, mengikuti tren pemekaran daerah yang sudah berlangsung sebelumnya.***





×

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr