sunbanner

Gencar Banget! Kabar Pemekaran Sumut Bikin Medan Kehilangan Posisi, Siapa yang Ngejar?

Gencar Banget! Kabar Pemekaran Sumut Bikin Medan Kehilangan Posisi, Siapa yang Ngejar?

Eksplorasi Kecamatan Tekecil di Kabupaten Banyumas, Purwokerto Barat Jadi Titik Terkecil di Jateng?-Berbagai Sumber-

Selain Provinsi Tapanuli, Sumatera Utara juga dikejutkan dengan adanya pembentukan provinsi baru yang bernama Toba Raya. 

Selanjutnya, ada Kabupaten Toba Samosir atau lebih dikenal sebagai Kabupaten Toba.



Kabupaten ini juga masuk dalam wilayah yang diperdebatkan oleh kedua calon provinsi baru tersebut.

Kabupaten Tapanuli Utara, yang ibukotanya berada di Tarutung, juga menjadi salah satu kabupaten yang mengelilingi Danau Toba dan masuk dalam wilayah perdebatan calon provinsi baru, yaitu Provinsi Tapanuli dan Provinsi Toba Raya.

Baca juga: Perjalanan Menarik! Jarak Antar Daerah di Papua Barat sebelum Pemekaran Wilayah Tempuh Ratusan Km, Sorong ke Manokwari Berjarak Berapa Kilometer?





×

Baca juga: Dulunya Tandus Kebun Buah Seluas 23 Ha di Bantul ini Sangat Terkenal Sejak Tahun 2009, View yang Indah dan Udara Segar Mampu Bikin Wisatawan Betah!

Kota Pematangsiantar, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Pakpak, Kabupaten Pakpak Barat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kabupaten Humbang Hasundutan adalah bagian dari wilayah calon Provinsi Toba Raya yang menjadi fokus perhatian dalam rencana pemekaran Provinsi Sumatera Utara.

Melalui pemekaran ini, diharapkan potensi dan kekayaan alam wilayah Sumatera Utara, terutama keindahan Danau Toba, dapat lebih dikelola secara optimal dan menjadi magnet bagi pariwisata Indonesia.

Tentunya, upaya pemekaran ini harus dipertimbangkan secara matang agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat dan memperkuat eksistensi Indonesia dalam kancah dunia.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr